RUU Sisdiknas, Ikhtiar Pembaharuan Pendidikan Nasional

M Taufik Ulinuha
.
Kamis, 22 September 2022 | 14:04 WIB
Pendidikan yang baik akan menghasilkan sumberdaya manusia yang baik, sumberdaya yang baik akan menentukan keberlangsungan perekonomian, sosial-budaya, dan segala aspek kehidupan dari sebuah bangsa. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Dari berbagai pilar peradaban suatu bangsa, pendidikan menempati pilar sentral di dalamnya. Hal ini terjadi karena pendidikan menjadi penentu kualitas sumberdaya manusia di dalam sebuah peradaban. Pendidikan yang baik akan menghasilkan sumberdaya manusia yang baik, sumberdaya yang baik akan menentukan keberlangsungan perekonomian, sosial-budaya, dan segala aspek kehidupan dari sebuah bangsa.

Dalam perjalanannya, pendidikan berkembang secara dinamis. Saputra dan Marcelawati dalam penelitiannya menyatakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses yang berjalan secara berkelanjutan, dapat berubah, dan berkembang seiring berjalannya waktu  (Saputra & Marcelawati, 2020).

Bangsa Indonesia dalam lintasan sejarahnya memiliki dinamika perkembangan pendidikan yang cukup panjang. Indonesia sudah mengalami dinamika perkembangan pendidikan sejak pra kemerdekaan, baik ketika dalam penguasaan penjajah Belanda maupun Jepang. 

Pada masa kemerdekaan dan pasca kemerdekaan, perkembangan pendidikan di Indonesia juga semakin dinamis. Di mana pada awalnya tujuan pendidikan di Indonesia ialah mendidik anak-anak menjadi warga negara yang berguna, yang diharapkan kelak dapat memberikan pengetahuannya kepada negara  (Adryamarthanino, 2021).

Dari paparan penulis di atas, hadirnya RUU Sisdiknas di tahun ini merupakan suatu hal yang biasa terjadi, bahkan menjadi sebuah keniscayaan. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya konsepsi tentang pendidikan senantiasa berkembang seiring perkembangan zaman. 

Munirah dalam Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita menyebutkan bahwasanya semangat sistem pendidikan di Indonesia saat ini yakni membawa kemajuan dan perkembangan bangsa, dan menjawab tantangan zaman yang selalu berubah  (Munirah, 2015). Hal ini senada dengan visi dan misi Sisdiknas yang tertuang pada UU RI nomor 20 Tahun 2003.

Kemajuan dan perkembangan bangsa yang tertuang dalam UU sebagaimana telah penulis sebutkan di atas perlu kiranya menjawab tantangan sedang bangsa ini hadapi. Tantangan yang Bangsa Indonesia hadapi pada beberapa waktu terakhir semakin berkembang dan dinamis.

Terlepas dari hal tersebut, perlu kita ingat bahwa terdapat satu hal yang sangat fundamental dalam spirit pendidikan di Indonesia, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Frasa ini sendiri termaktub secara gamblang di dalam Pembukaan UUD 1945.

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini