get app
inews
Aa Read Next : Menggapai Cita – Cita Pendidikan Melalui Merdeka Belajar

Guru Penggerak : Mencetak Generasi Pemimpin Yang Berakhlak

Senin, 01 April 2024 | 17:55 WIB
header img
Dokumen: Ist

iNewsJatenginfo.id- Guru merupakan ujung tombak suatu bangsa dalam menciptakan generasi-generasi penerus yang bermutu. Dalam hal ini perkembangan mutu generasi muda sangatlah ditentukan dari segi Pendidikan yang mereka peroleh sejak dini. Berkembangnya suatu bangsa sangat ditentukan oleh para generasi muda yang mempunyai jiwa kepemimpinan, semangat nasionalisme, dan berakhlakul karimah, karena mereka akan meneruskan estafet kepemimpinan berikutnya.

 

 Untuk mewujudkan terciptanya generasi muda yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan berakhlakul karimah maka dari itu pemerintah meluncurkan program Guru Penggerak melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pendidikan Guru Penggerak.

 

 Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidikan untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Proses pendidikan dan penilaian Guru Penggerak berbasis dampak dan bukti.

 

 “Proses kepemimpinan sangat penting dan dalam proses pengembangan kepemimpinan ini, dan berkaca dari berbagai macam studi dan pendekatan andragogi atau pembelajaran orang dewasa bahwa harus lebih fokus kepada on the job learning. Artinya, pembelajaran yang relevan dan kontekstual sehingga memberi dampak sebaik-baiknya.

 Guru Penggerak diharapkan dapat mencetak sebanyak mungkin agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan yang mampu menghasilkan murid - murid berkompetensi global dan berkarakter Pancasila, mempunyai akhlak yang baik serta mampu mendorong transformasi pendidikan Indonesia, mendorong peningkatan prestasi akademik murid, mengajar dengan kreatif, dan mengembangkan diri secara aktif. Guru Penggerak bisa berperan lebih dari peran guru saat ini untuk mencetak generasi-generasi harapan bangsa.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut