Logo Network
Network

Urgensi Regulasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan dalam Pendidikan

*Oleh Muh Hafiatul
.
Kamis, 02 November 2023 | 18:56 WIB
Urgensi Regulasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan dalam Pendidikan
ilustrasi: pixabay

Dalam menjalani kehidupan, Pendidikan adalah salah satu aspek yang penting dan mendasar, misalnya untuk pembangunan masyarakat, Pendidikan bukan hanya hak dasar setiap individu yang harus dipenuhi, tapi juga adalah podansi yang mampu meciptakan masyarakat yang berbudaya dan berkarakter. Upaya mencapai tujuan Pendidikan adalah menjalankan penyelenggaraan Pendidikan yang bisa mampu optimal, penuh khidmat dan terlepas dari kekerasan. Kekerasan dalam Pendidikan adalah momok yang sejak lama menjadi penghalang optimalisasi Pendidikan, apalagi dewasa ini, maraknya kasusnya kekerasan dalam Pendidikan adalah alarm yang semakin menghawatirkan.

Kasus yang sedang ramai dan menuai keprihatinan, tentang fenomena kekerasan yang terjadi di lingkungan pendidikan bukan hanya menodai sucinya instrumen suatu pendidikan, ini akan semakin menjauhkan upaya pendidikan itu bisa berjalan optimal, gambaran anak - anak berbahagia menggapai masa depan dan cita cita melalui pendidikan malah di ciderai oleh segelintir oknum yang memberi catatan hitam bagi pendidikan kita. Pencegahan dan penanggulangan kekerasan di lingkungan pendidikan adalah hal yang perlu diseriusi.

Pendidikan adalah Kunci Keberhasilan

Pendidikan adalah kunci bagi individu dan masyarakat untuk mencapai keberhasilan dan perkembangan. Melalui pendidikan, seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan untuk mengatasi tantangan dalam kehidupan mereka. Ini mencakup pemahaman konsep-konsep dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga pengetahuan yang lebih mendalam dan keterampilan yang mendukung pengembangan pribadi dan profesional.

Selain itu, pendidikan berperan penting dalam membentuk nilai-nilai, etika, dan norma sosial yang penting bagi perkembangan sosial yang sehat. Ini membantu menciptakan individu yang lebih peduli, empati, dan berkontribusi pada masyarakatnya. Pendidikan juga dapat mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi dengan memberikan akses yang sama kepada semua orang, tanpa memandang latar belakang atau status sosial.

Pentingnya Pencegahan Kekerasan dalam Pendidikan

Namun, untuk mencapai manfaat ini, pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang bebas dari kekerasan tidak dapat diabaikan. Kekerasan dalam pendidikan dapat merusak potensi individu, mengganggu proses belajar-mengajar, dan menciptakan dampak jangka panjang pada kesejahteraan psikologis dan fisik peserta didik.

Pencegahan kekerasan dalam pendidikan bukan hanya tentang menghindari tindakan fisik, melainkan juga termasuk perlindungan dari segala bentuk kekerasan verbal, psikologis, dan sosial. Ini termasuk pelecehan, bullying, diskriminasi, dan intimidasi, yang dapat menciptakan lingkungan yang tidak aman dan tidak mendukung. Pencegahan kekerasan dalam pendidikan memastikan bahwa setiap individu memiliki hak untuk belajar dan berkembang tanpa takut atau merasa terancam.

Pencegahan kekerasan juga membantu menciptakan budaya positif di sekolah dan institusi pendidikan, yang mengajarkan nilai-nilai seperti kerjasama, rasa hormat, toleransi, dan empati. Hal ini menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter yang baik, serta membantu mengurangi perilaku merugikan seperti kenakalan remaja, penggunaan narkoba, dan kejahatan.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.