get app
inews
Aa Read Next : Azis Zein Siap dengan Komitmen Memperkuat KPK dan Berantas Korupsi

Menyoroti PSN, Azis Zein: Proyek Negara Jangan Merugikan Rakyat dan Lingkungan

Kamis, 01 Februari 2024 | 20:54 WIB
header img
Azis Zein. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Proyek Strategis Nasional (PSN) adalah proyek yang dirancang dan dijalankan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan/atau badan usaha tertentu yang mempunyai sifat strategis untuk meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan daerah.

"Proyek-proyek (pembangunan) negara harus diperhitungkan dengan matang, baik dari sisi lokasi sampai pada lingkungan hidupnya," kata Azis Zein saat dimintai tanggapannya mengenai PSN di salah satu forum kampanyenya pada Rabu, 31/01/2024 di Kendal. Bagi Azis, kesejahteraan masyarakat juga meliputi lingkungan hidup yang ditinggali, maka, jangan sampai proyek-proyek pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan justru menjadi sebab rusaknya lingkungan hidup.

Azis Zein juga menyampaikan bahwa kasus Wadas dan Rempang hanya segelintir dari banyaknya proyek nasional yang justru mendatangkan konflik. Masyarakat tentu adalah pihak yang paling dirugikan dalam hal ini, tidak sedikit terjadi konflik atau bentrok antara masyarakat dengan aparat maupun dengan kelompok masyarakat lain yang berbeda pendapat. Fenomena ini bagi Azis, justru dinilai mengabaikan prinsip kehati-hatian yang menjadi asas dalam UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Menurut Azis Zein, kondisi ini seharusnya diatasi dengan serius, dengan melakukan kajian lingkungan hidup dan mempertimbangkan dampak proyek pada lingkungan hidup dan masyarakat setempat. Tidak sedikit pula komunitas hingga organisasi-organisasi yang berfokus pada lingkungan hidup, memberikan kritikan hingga kecaman-kecaman terhadap proyek tertentu yang dianggap justru menghilangkan keseimbangan lingkungan hidup. Tujuan pembangunan tersebut harus diimbangi dengan studi atau kajian yang mendalam sehingga tidak mendatangkan dampak negatif di tahun-tahun yang akan datang.

Caleg dari Partai Nasdem itu kemudian menyampaikan komitmennya untuk mengawal dan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan penjagaan hak-hak rakyat serta perlindungan terhadap lingkungan hidup, khususnya dari proyek-proyek pemerintah yang dibuat untuk menyejahterakan rakyat. Terakhir, Azis Zein meminta masyarakat setempat untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan ia memohon dukungan dari masyarakat untuk dapat bersama-sama mewujudkan perubahan positif bagi Indonesia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut