get app
inews
Aa Read Next : Pendiri Polmark Indonesia Ungkap Lima Modus Pencurian Suara pada Pemilu 2024, Ini Penjelasannya

Pemilu 2024 Harus Berlangsung Adil Tanpa Ada Kecurangan dan Pemerintah Harus Netral

Jum'at, 19 Januari 2024 | 02:08 WIB
header img
Caleg DPR RI Dapil 1 Jawa Tengah, Azis Zein menyinggung soal peran dan posisi aparatur negara dalam kontestasi pemilu 2024 saat ditemui di Semarang, Rabu (17/1/2024). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Caleg DPR RI Dapil 1 Jawa Tengah, Azis Zein menyinggung soal peran dan posisi aparatur negara dalam kontestasi pemilu 2024 saat ditemui di Semarang, Rabu (17/1/2024).

Caleg dari partai Nasdem tersebut menyampaikan bahwa pemilu harus dijaga esensinya sebagai momentum pesta demokrasi bagi rakyat. Maka, proses pemilu tersebut perlu diawasi dengan serius oleh lembaga-lembaga berwenang tanpa ditunggangi kepentingan manapun, untuk memastikan bahwa momentum ini berjalan dengan adil dan sesuai dengan pilihan rakyat.

"Ya harapan saya satu, jangan sampailah ditemukan kecurangan-kecurangan seperti yang ditakutkan rakyat pada pemilu yang lalu-lalu. Selain itu, penting juga ditegaskan bagi pemerintah yang berkuasa untuk dapat memegang teguh prinsip netralitas," ucapnya saat dimintai tanggapan mengenai penyelenggaraan proses pemilu 2024.

Bagi Azis Zein, netralitas adalah nilai penting yang perlu dipegang oleh pemerintah negara atau ASN secara umum, dalam hal ini untuk menghindari penyalahgunaan sumber daya untuk tujuan politik, termasuk juga untuk menjaga integritas kompetisi politik dan kepentingan publik.

Pendiri kantor Advokat Azis Zein & Partners itu menegaskan bahwa menjaga netralitas dalam menyikapi situasi politik sudah menjadi tugas dari ASN itu sendiri, agar tidak terpengaruh atau memengaruhi pihak lain untuk melakukan upaya-upaya yang mengarah pada keberpihakan tertentu atau ketidaknetralan.

Bagi Azis Zein, menjaga keberlangsungan proses pemilu menjadi tanggung jawab bersama maka, ketika ditemukan hal-hal yang seharusnya tidak terjadi, masyarakat dapat langsung melaporkan pada pihak yang memiliki wewenang dalam ranah tersebut. Terakhir, beliau mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang mempunyai hak pilih agar dapat memanfaatkan hak pilihnya dengan sebaik mungkin karena suara kita semua menentukan pemimpin di masa depan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut