get app
inews
Aa Read Next : Rekapitulasi Ditunda, Ketua KPU dan Komisioner Diperiksa DKPP soal Kebocoran DPT

Pendiri Polmark Indonesia Ungkap Lima Modus Pencurian Suara pada Pemilu 2024, Ini Penjelasannya

Kamis, 14 Maret 2024 | 22:11 WIB
header img
Pendiri Polmark Indonesia Eep Saefulloh Fatah mengungkap lima modus pencurian suara pada Pemilu 2024, ini penjelasannya. (Foto: Suparjo Ramalan)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Pendiri Polmark Indonesia Eep Saefulloh Fatah mengungkapkan lima modus pencurian suara pada Pemilu 2024. Menurutnya, kelima modus pencurian suara itu tidak masuk akal, mengherankan serta menggunakan cara lama.

Modus pertama, kata Eep, penggelembungan suara melebihi daftar pemilih tetap (DPT) di tempat pemungutan suara (TPS).

Dia menjelaskan kelebihan surat suara secara nasional yakni 2 persen dari seluruh jumlah DPT dan diturunkan ke seluruh TPS. Ini berarti jumlah kertas suara pada setiap TPS berjumlah 102 persen.

“Pada kenyataannya jumlah pemilih tidak sampai 100 persen, sehingga cadangan suara untuk DPTb itu lebih dari 2 persen. Namun, berulang-ulang ditunjukkan kasus setelah pemungutan suara, total pemilih lebih dari 102 persen. Ini modus tidak masuk akal," kata Eep dikutip dari kanal YouTube Keep Talking, Kamis (14/3/2024).

Modus kedua, lanjut Eep, penggelembungan suara pada pihak tertentu seperti paslon pada pilpres, caleg DPR dan DPD tanpa basis C Hasil. Dia menjelaskan, dalam modus ini penggelembungan suara dibuat sedemikian rupa tanpa didukung C Hasil.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut