get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Kolaborasi Bangun Pendidikan Nirkekerasan

Kamis, 02 November 2023 | 18:50 WIB
header img
ilustrasi: pixabay

Generasi muda sebagai generasi penerus tampuk kepemimpinan bangsa adalah hal yang seringkali menjadi lokus beragam kajian, perpekstifnya mungkin bisa begitu beragam, tapi highlight utama yang selalu diangkat adalah bahwa mereka sebagai generasi yang akan melajutkan negara dan bangsa kita ini. Perbincangannnya pun selalu menemui consensus secara rata – rata, hampir sepenuhnya setuju malah, bahwa golongan generasi muda inilah yang harus dilatih, diberdayakan, dan dibimbing sedemikian rupa agar masa depan bangsa dan negara kita bisa maju dan melesat pesat.

Bahkan dalam narasi yang sangat popular, yang seringkali juga menjadi kata kata motivasi sampai refleksi bagi sebagian kita, bahwa mengahancurkan suatu negara dan bangsa, cukuplah dengan menghancurkan generasi mudanya saja, jika generasinya sudah amburadul, masa depn yang diharapkan akan semakin jauh melenggang diri dari permukaan. Salah satu konsen yang bisa dilakukan adalah melalui Pendidikan, akses Pendidikan yang merata, Pendidikan yang tak mahal atau sumber daya pendidik yang berkualitas adalah rangkaian yang bisa dilakukan demi menunjang generasi kita bisa berkembang secara maksimal.

Kualitas Pendidikan yang baik, adalah artinya kualitas generasi kita juga semaki baik juga, Pendidikan adalah salah satu simpul dimana jika membangun infrastruktur itu adalah keharusan, maka pembangunan insan dumber daya manusi lewat Pendidikan adalah kewajiban penyelenggaraan negara ini. Dalam nomenklatur “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”, Pendidikan adalah hal pokok yang harus terus digelorakan keberlangsungannya, karena melalui Pendidikan ini juga lah, arah urusan negara dan bangsa mau berjalan kemana yaa itu karena Pendidikan. Kalau sebentar saja negara mengalihkan perhatian atas penyelenggaraan pendidikan ini, bisa jadi semakin kompleks lagi nanti.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut