get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Wujudkan Merdeka Berliterasi

Senin, 27 Maret 2023 | 13:30 WIB
header img
Muhamad Ikhwan A. A (Manajer Program Al Wasath Institute, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Jayabaya). Foto: Ist

Hal demikian tentu mampu memperlihatkan keseriusan langkah yang diambil demi mengentaskan persoalan literasi ini. Walau kita juga menyadari hal ini tidak dilakukan dengan mudah. Sebab kalau kita melihat pengentasan persoalan lietrasi ini perlu menjadi pekerjaan panjang yang dilakukan.

Melihat program ini, dengan melakukan terobosan mulai dari jumlah eksemplar buku, judul buku, jenis buku yang dikirimkan, pendekatan yang dilakukan sampai pemilihan sekolah yang akan menerima buku menjadi pelengkap program peningkatan literasi ini. Terlihat semakin serius, program ini menjadi terlihat sangat serius apalagi di tahun 2022, Kemendikbusristek menyediakan lebih dari 15 juta eksemplar buku bacaan bermutu dan disertai pelatihan serta pendampingan bagi lebih dari 20 ribu PAUD dan SD yang paling membutuhkan.

Dengan melakukan pelatihan dan pendampingan ini, tentu kita mampu melihat bahwa harapan optimalisasi program akan mampu di gapai, artinya distibusi buku bermutu yang dilakukan akan menemui kegunaan dan kebermanfaatan yang idlakukan secara maksimal pula bagi sumber daya pengajar maupun pustakawan kit aini. Melalui pelatihan dan pendampingan ini jugalah, sebab kita juga perlu melihat bahwa dalam mewujudkan budaya positif yang maksimal, selain intrumen sarana dan prasananya, sumber daya manusia yang mumpuni perlu digagas dengan baik.

Merdeka belajar episode 23 ini secara konkret juga hadir sebagai pelengkap program merdeka sebelumnya dalam hal peningkatan literasi. Sebagaimana kita ketahui, Kampus mengajar mislanya, yang masuk dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Organisasi Penggerak yang masuk dalam Merdeka Belajar episode ke-4 dan Kurikulum Merdeka yang masuk dalam program Merdeka Belajar ke-15 yang memberikan keleluasaan guru untuk memanfaatkan buku-buku bacaan dalam menciptakan suasan belajar yang lebih menyenangkan adalah rangkain program merdeka belajar sebelumnya yang sukses membawa budaya positif penyelenggaraan pendidikan kita.

Semoga dengan hadirnya merdeka belajar ini, semua pihak mampu mensukseskannya dengan baik. Semoga dengan program yang ada peningkatan literasi mampu dilakukan dengan maksimal, semoga melalui program ini, merdeka berlitrasi mampu di wujudi.

Muhamad Ikhwan A. A (Manajer Program Al Wasath Institute, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Jayabaya)

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut