get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Wujudkan Merdeka Berliterasi

Senin, 27 Maret 2023 | 13:30 WIB
header img
Muhamad Ikhwan A. A (Manajer Program Al Wasath Institute, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Jayabaya). Foto: Ist

Dampak Literasi

Sebab dengan tingkat literasi yang baiklah, terwujudnya masyarat yang membawa keselerasan kehidupan akan mampu digapai. Melalui literasi yang baik, masyarakat akan semakin mampu cakap dalam menghadapi berbagai problematika kehidupan yang semakin kompleks dengan bekal berbagai ilmu pengetahuan yang didapati melalui proses berliterasi yang baik pula.

Keadaan sebaliknya pun bakal terjadi, dengan semakin rendahnya tingkat literasi yang ada dalam dimensi masyarakat, semakin rendah juga kecakapan ilmu pengetahuan masyarakat, kemudian hal ini akan berakibat pada kehidupan masyarakat yang semakin sulit beradaptasi.

Apalagi dewasa ini yang segala sesuatunya semakin pesat dan serba cepat, akselereasi keterampilan menjadi modal utama yang perlu menjadi bahan pokok kehidupan ini. Kebijaksanaan, kearifan, rasa penuh tanggungjawab, dan perhitungan yang matang dalam melakukan tindakan, serta berbagai laku kemanusiaan lain bisa hilang potensialnya dalam diri masing-masing masyarakat kita apabila semakin buruknya tingkat literasi di kehidupan masyarakat sosial kita.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut