get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Wujudkan Merdeka Berliterasi

Senin, 27 Maret 2023 | 13:30 WIB
header img
Muhamad Ikhwan A. A (Manajer Program Al Wasath Institute, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Jayabaya). Foto: Ist

Kesadaran Bersama

Pentingnya literasi perlu juga bernagkat dari kesadaran bersama kita, bahwa dengan rendahnya tingkat leitrasi warga masyarakat kita, lebih jauh mampu berdampak pada dimensi yang lebih luas lagi. Misalnya adalah, dengan budaya literasi yang rendah, yang menjadikan masyarakat kita atau generasi kita ini menjadikan pikirannya jumud dan tidak terbuka atas perbedaan.

Hal ini boleh jadi terjadi muaranya terjadi karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki, gagap akan perbedanaan dan kaku dalam mengahadapi persoalan yang semakin kompleks, termasuk khususnya dalam konteks kehidupan sosial akan sulit di hadapi dengan kualitas dan kapasitas generasi kita yang jauh dari kata mapan.

Kata-kata populer bahwa “buku adalah jendela dunia” bakal menjadi relevan jika kita melihat dinamika yang demikian. Tentu, buku dalam hal ini adalah buku yang berkualitas maupun bahan bacaan lain di era sekarang. Semuanya menjadi bahan pengetahuan yang harus semakin lazim masyarakat komsumsi dan resapi. Mewujudkan masyarakat yang demikian, secara tindak lanjut adalah mewujudkan negara dan bangs akita yang semakin berkeadaban juga, dan sebaliknya, membiarkan itu semua adalah sama saja memukul mundur kemajuan bangsa dan negara kita.

Merdeka Belajar Episode 23, Merdeka Berliterasi

Merdeka Belajar episode 23 mencoba menjawab tantangan dan kebutuhan itu semua, dengan mengusung fokus utama dalam meningkatkan tingkat literasi generasi muda para peserta didik kita, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membawa sarana akserelasi tingkat literasi. Merdeka bejalar kali ini menghadirkan kepastian disribusi buku yang sampai pada instansi pendidikan dan juga sampai pada peserta didik kita. melalui program ini para peserta didik kita akan mampu mengakses buku-buku yang membawa berbagai referensi baca yang mudah. Disamping itu, buku yang terdistribusi juga merupakan buku-buku berkualitas.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut