get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Wujudkan Merdeka Berliterasi

Senin, 27 Maret 2023 | 13:30 WIB
header img
Muhamad Ikhwan A. A (Manajer Program Al Wasath Institute, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Jayabaya). Foto: Ist

Upaya yang bisa dilakukan

Dalam rangka menciptakan peningkatan kualitas masyarakat, perhatian terhadap peningkatan literasi tentu menjadi hal yang bisa dilakukan. Secara teknis misalnya, melalui rangkaian program akserelasi pendidikan khususnya dalam pendidikan bidang literasi akan semakin membesarakan potensi manfaat yang ada.

Kita tentu perlu melihat data bahwa rendahnya tingkat literasi masyarakat kita, yang diantaranya ditandai dengan rendahnya minat membaca masyarakat kita menjadi tamparan yang harus menyadarkan kita semuanya. Para pemangku kebijakan perlu kemudian bergerak dengan segala instrumen yang dimilikinya untuk menuntaskan masalah mendasar ini.

Persoalan ini perlu dijawab dengan pasti dan cermat, jangan sampai kenyataan bahwa rendahnya tingkat literasi masyarakat kita dijadikan hal wajar yang tak berkelanjutan dampaknya. Siapa saja, misalnya seperti pihak penyelenggara pendidikan perlu menyajikan konsep pembelajaran yang ramah dan menyenangakan.

Hal ini dilakukan disemua jenjang pendidikan dimulai dari pendidikan dini, kesenangan yang timbul dalam melangsungkan pendidikan akan semakin mendekatkan rasa nyaman generasi muda bangsa kita, dengan demikian tujuan menumbuhkan kegemaran membaca juga bisa diwujudkan dengan baik

Program-program seputar gerakan literasi perlu menjadi fokus pekerjaan yang dilakukan. Sebab, rendahnya tingkat litreasi dan minat baca warga kit aini seolah sudah membudaya menjadi kebiasaan, maka menuntaskannya salah staunya juga membangun budaya baru yang jeuh lebih baik. Membangun budaya baru semacam ini tentu juga perlu di dukung oleh banyak pihak, baik yang bekerja langsung di ranah pendidika n formal maupun pendidikan non formal seperti lingkup keluarga.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut