get app
inews
Aa Read Next : PABI Cabang Semarang Gelar Seminar dan Musyawarah Cabang 2023, dr. Haryadi Terpilih Jadi Ketua Baru

IDI Wilayah Jawa Tengah Lakukan Pengembangan Kompetensi Dokter Umum

Sabtu, 03 Desember 2022 | 17:14 WIB
header img
IDI Wilayah Jawa Tengah gelar Seminar dan Lokakarya. Foto: Ist

Selain itu kompetensi Dokter Umum di sisi pendidikan kedokteran yaitu pengembangan kurikulum. Dalam menyusun kurikulum harus mempertimbangkan beberapa hal mengenai standar-standar pendidikan kedokteran.

“Standar tersebut atas masukan dari organisasi profesi, maka IDI diperlukan jika adanya perubahan kebutuhan,” ujar DR. Dr. Setyo Trisnadi, Sp.KF., SH, selaku Dekan FK Unisula.

Kebutuhan pengembangan kompetensi Dokter Umum pada pelayanan rumah sakit berupa pelatihan-pelatihan manajerial.

 “Pelatihan tersebut dapat dilakukan oleh Institusi Pendidikan (FK) bekerja sama dengan PERKI, IKABI, PERDICI, dan sebagainya pada saat dokter muda yang telah menyelesaikan kepaniteraan tetapi sebelum program intership,” ujar Dr. Pujianto, MKes, perwakilan PERSI Wilayah Jawa Tengah.

Dr. Pujianto menyampaikan usulan mengenai kursus-kursus singkat manajemen untuk Dokter Umum dengan penugasan penjabat struktural.

Pelaksanaan sistem kompetensi kerja dibentuk berdasarkan undang-undang dengan diakui lembaga internasional dan dilakukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

 “Setiap tenaga kerja profesi harus mempunyai sertifikat,” ujar Dr. Faiza Munabari, MKes, selaku Master Asesor BNSP.

Dr. Fuad menyampaikan kebutuhan pengembangan kompetensi dokter selain yang sudah ada pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) harus disikapi secara bijak. Perlu ada solusi yang benar secara aturan dan prosedur, sehingga Dokter tetap terlindungi dalam menjalankan tugas profesinya.

Diperlukan diskusi dan komunikasi dari semua pihak secara bertahap dan berkelanjutan untuk mencari solusi.

 “Salah satu alternatif solusi yaitu dengan pembentukan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) dari lingkungan IDI misalnya PDUI (Perhimpunan Dokter Umum Indonesia), tentu mulai dengan prosedur dan aturan yang berlaku,” tambah Dr. Fuad Alhamidy, MKes, ARS, selaku moderator acara.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut