get app
inews
Aa
Read Next : BPBD Kota Semarang Maksimalkan Pompa Air untuk Atasi Banjir yang Tersisa di Dua Kelurahan

Apakah Epilepsi Bisa Sembuh? Ini Jawabannya

Rabu, 18 Januari 2023 | 12:28 WIB
header img
IDI Wilayah Jawa Tengah, Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Epilepsi merupakan penyakit otak yang ditandai dengan munculnya kejang. Berkaitan dengan penyakit tersebut, Humas IDI Jawa Tengah adakan podcast kesehatan membahas topik “Epilepsi, Bisa Sembuh ?”.

Bertempat di Sekretariat IDI Wilayah Jawa Tengah Kota Semarang (17/1/2023), mengundang Dr. Santoso, Msi.Med, SpN merupakan pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) Cabang Semarang. 

Podcast dipandu oleh Dr. Lia Sasdesi Mangiri, Sp.Rad(K).

Pasien epilepsi ditandai dengan gejala kejang, seperti kejang sebelah kanan atau kiri saja, kejang keseluruhan atu mungkin berupa lupa ingatan dalam sepintas.

Penyebab epilepsi karena arus listrik yag ada di otak mengendalikan fungsi tubuh, “Jika ada bagian tertentu pada otak yang kelistrikannya berbeda akan menyebabkan kejang,” ujar Dr. Santoso.

Epilepsi juga dapat disebabkan karena trauma, genetik, dan pasien pasca stroke, “Pada pasien dewasa misalnya dengan stroke setelah 6 bulan muncul kejang,” tambahnya.

Penanganan pasien kejang biasanya dengan obat dahulu, ketika tidak bisa daat membawa ke UGD untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut