get app
inews
Aa Read Next : Bupati Sragen Minta Masyarakat Waspada Penipuan yang Catut Namanya

Kenali Sosok H Marno, Produsen Bibit Benih Padi Unggulan di Jawa

Jum'at, 02 Desember 2022 | 12:31 WIB
header img
Tokoh pegiat pertanian sekaligus produsen benih padi unggulan asal Desa Purwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, menunjukkan varian benih unggul produksinya. Foto: iNewsSragen.id/Joko Piroso

Meski butuh perjuangan keras, usahanya untuk mempromosikan benih produksinya sendiri tak sia-sia. Dengan keunggulan varietas dan produktivitas yang tinggi, benih padi produksinya perlahan mulai dikenal pasar dan diminati petani. Tak butuh waktu lama, produksi benih PB Krida Tani yang dirintisnya langsung booming dan banyak diburu petani.

Lewat jejaring kemitraan dengan petani dan berkoordinasi dengan Poktan, benih padinya kini sudah merajai pasaran di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur. Bahkan kini dia tak lagi sudah payah mengenalkan karena banyak sales yang datang membeli benihnya untuk dipasarkan di berbagai wilayah.

Marno menyebut saat ini ada lebih dari 40 sales dari berbagai daerah yang setiap musim tanam selalu datang membeli benih produksinya. "Dulu di awal-awal mau jual 5 ton sekali musim saja sulit. Tapi lama kelamaan banyak petani yang sudah kenal dan merasakan produktivitas benih kami sangat tinggi. Sekarang omzetnya per musim bisa 400 ton, setahun minimal 1000 ton,” jelasnya.

Marno menambahkan, ada 15 jenis varietas padi yang ia produksi. Mulai dari IR 64, Inpari 32, PP, Ciherang, Tunggal, Mikongga, Waiapu, Waiapu Buru, Sintanur, Situ Bagendit dan beberapa varietas unggulan lainnya. Keunggulan benih produksinya adalah langsung dari breeder atau benih pokok atau F1 sehingga jaminan tumbuh dan orisinalitasnya sangat tinggi.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut