get app
inews
Aa Read Next : Buka Muskomwil III di Solo, Sumarno Minta Apeksi Solutif Atasi Masalah Perkotaan

Saksikan Dalang Cilik dari Solo Ki Gibran, Akan Tampil di Pembukaan NAFC 3 November 2022

Selasa, 01 November 2022 | 18:54 WIB
header img
Gibran Maheswara Javas Setyawan alias Ki Gibran dalang cilik asal SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Foto: Ist

SOLO, iNewsJatenginfo.id – Gibran Maheswara Javas Setyawan alias Ki Gibran dalang cilik asal SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta akan tampil di pembukaan National Anti-Fraud Conference (NAFC) 2022 di kota Surakarta pada tanggal (3/11/2022).  

Mengangkat tema Mulat Sarira Angrasa Wani, Ki Gibran membawakan lakon Lakon Babad Wanamarta (Amarta Mawujud). Diserahkannya Kekuasaan Negara Amarta kepada para Pandhawa karena dinilai layak dan mampu dalam memerintah Negara Amarta.

Penyerahan kekuasaan penuh dilakukan oleh Jin Puntadewa, Dhandhuncana,  Suparta,  Nakula dan Sadewa kepada para Pandhawa mudha (Yudhistira, Bratasena, Permadi, Pinten dan Tansen)

Meskipun masih belia, Ki Gibran tertarik untuk melestarikan kebudayaan Jawa, terutama seni pewayangan.  

“Bukti Ki Gibran tertarik kebudayaan bisa dilihat dari prestasinya, seperti Juara 1 lomba dalang cilik Karanganyar 2018, juara 1 lomba dalang cilik surakarta 2019, Juara 1 lomba dalang cilik Karanganyar 2020, juara 2 lomba dalang cilik se Provinsi Jateng 2022, dan Juara 3 lomba dalang cilik Nasional 2022,” kata Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko.
 
Jatmiko mengatakan merupakan sebuah kehormatan  karena dipercaya mengisi acara yang penuh edukasi. Mulat Sarira Hangrasa Wani merupakan sebuah ungkapan dalam tradisi Jawa yang berarti berani mengenal potensi diri, sekaligus menyadari kekurangannya. Ungkapan ini melahirkan sikap rendah hati, yang dengan sikap rendah hati itu manusia dapat menata diri dengan baik.

“Saya selaku pembina dan sutradalang bersyukur atas kesempatan dan kehormatan yang luar biasa dari ACFE Indonesia Chapter. Dalam acara pembukaan kali ini, kami dipercaya mengisi acaranya,” ujarnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut