get app
inews
Aa Read Next : Buka Muskomwil III di Solo, Sumarno Minta Apeksi Solutif Atasi Masalah Perkotaan

Sejumlah Prodi Milik Politeknik Kesehatan Surakarta akan Direplikasi

Jum'at, 10 November 2023 | 23:41 WIB
header img
Wamenkes Prof dr Dante Saksono Harbuwono memberikan keterangan pers usai acara wisuda di Politeknik Kesehatan Surakarta di Solo, Rabu (8/11/2023). Foto: ist

SOLO, iNewsJatenginfo.id  – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Prof dr Dante Saksono Harbuwono menyatakan akan mereplikasi sejumlah program studi (prodi) yang dimiliki PoliteknikKesehatan Surakarta (Polkesta). Jurusan itu saat hanya dimiliki Polkesta dan tidak ada di tempat lain.

“Misalnya prodi okupasi terapi, terapi wicara, obat tradisional, akupuntur dan ortotik prostetik,” kata Dante Saksono Harbuwono usai Sidang Senat Terbuka Senat Politeknik Kesehatan Surakarta dengan agenda wisuda ahli madya, sarjana terapan dan profesi Kesehatan periode II tahun 2023 di Solo, Rabu (8/11/2023).

Dikatakannya, yang dijalankan Politeknik Kesehatan Surakarta memberikan sumbangsih yang sangat besar terhadap pemenuhan tenaga kesehatan di Indonesia, utamanya jurusan atau prodi yang ada di tempat lainnya.

Untuk itu, prodi yang hanya ada di dijalankan Politeknik Kesehatan Surakarta akan direplikasi di tempat lainnya. Harapannya, kampus lainnya memiliki prodi yang baik seperti di Polkesta.

Dikatakannya, ada 10.436 Puskesmas yang belum memiliki tenaga Kesehatan lengkap. Diharapkan Politeknik Kesehatan Surakarta memberikan andil dan konstribusi terhadap puskesmas yang belum memiliki tenaga kesehatan lengkap.

Dikatakannya, terdapat tiga masalah tenaga kesehatan.Pertama dari sisi jumlah belum cukup untuk masyarakat Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta orang.

Kedua pemerataannya mengingat masih ada gep antara daerah perkotaan dengan daerah terpencil, dan ketiga adalah kualitasnya.

Direktur Politeknik Kesehatan Surakarta Sudiro SKp Ners MPd mengatakan, Polkesta menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing. Polkesta merupakan institusi yang memiliki jurusan jurusan unik.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut