get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng Perkuat Sinergi, Laju Inflasi Aman Terkendali

Buka Muskomwil III di Solo, Sumarno Minta Apeksi Solutif Atasi Masalah Perkotaan

Kamis, 07 Desember 2023 | 19:27 WIB
header img
Sumarno saat membuka Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) III Apeksi di Hotel Swissbell Surakarta, Kamis, (7/12/2023). Foto: Ist

SURAKARTA, iNewsJatenginfo.id – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno meminta Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mampu mengatasi persoalan perkotaan. Hal itu disampaikan Sumarno saat membuka Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) III Apeksi di Hotel Swissbell Surakarta, Kamis, (7/12/2023).

“Banyaknya orang bermigrasi (berpindah) ke kota, berdampak pada masalah di perkotaan, mulai masalah permukiman, lingkungan, pencemaran air dan udara, serta sampah,” ujar Sumarno.

Muskomwil itu, diharapkan Sumarno mampu melahirkan kebijakan-kebijakan untuk kemajuan organisasi dan pemerintah kota, sehingga berbagai persoalan di perkotaan ditemukan solusinya.

Para wali kota, ujarnya harus dapat berfikir keras mencari solusi untuk menangani persoalan sampah di perkotaan. Sebab, masalah sampah berdampak terhadap lingkungan, kesehatan, dan sektor lainnya. Selain itu, masalah pemukiman warga juga menjadi tantangan tersendiri. Sebab, perpindahan warga dari desa ke kota dengan area yang relatif lebih sempit juga menjadi tantangan.

Persoalan yang kerap muncul akibat padatnya penduduk itu meliputi drainase, penyediaan sumber air bersih, transportasi yang ramah lingkungan, dan sebagainya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut