get app
inews
Aa Read Next : Potensi Budaya Kita Sebagian Tercerabut Media sosia

Lestarikan Budaya, Disdikbud Boyolali Gelar Festival Dalang Bocah

Minggu, 11 Agustus 2024 | 14:30 WIB
header img
Festival Dalang Bocah di Gelanggang Anuraga Siswodipuran, Boyolali. (Foto IST)

BOYOLALI, iNewsJatenginfo.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali terus berusaha nguri-uri budaya sejak dini, salah satunya dengan menggelar Festival Dalang Bocah. Kegiatan ini diselenggarakan di Gelanggang Anuraga Siswodipuran, Boyolali pada Sabtu (10/8/2024) dan dibuka langsung oleh Bupati Boyolali M. Said Hidayat.

Ditemui di lokasi, Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Supana mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 17 dalang cilik dari seluruh wilayah Boyolali. Peserta yang mengikuti festival ini diberikan waktu lima menit untuk persiapan dan 25 menit untuk pentas. Untuk lakon yang dibawakan tergantung kreatifitas masing-masing dalang.

"Intinya kita Dinas Pendidikan memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat bagi anak-anak yang kebetulan mempunyai hobi dan kelebihan di seni pedalangan," terangnya.

Supana menambahkan, Festival Dalang Bocah ini memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan dengan jumlah total Rp 20 juta dan piala penghargaan. Ia berharap dengan kegiatan ini bisa memberikan kesempatan bagi anak yang berbakat serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang seni pedalangan.

"Agar seni pedalangan tetap dicintai dan pada akhirnya kita tetap melestarikan budaya yang ada dan anak-anak tidak meninggalkan peninggalan para leluhur adanya seni pedalangan itu sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Said yang membuka secara langsung acara Festival Dalang Bocah mengungkapkan rasa syukurnya terselenggaranya acara ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan perwujudan mempersiapkan generasi penerus untuk membangun Kabupaten Boyolali tanpa meninggalkan nilai budaya.

"Semoga dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda Kabupaten Boyolali terutama anak-anak siswa-siswi pelajar seusianya, agar mencintai budaya dan seninya." ungkap orang nomor satu di Kota Susu tersebut.

Salah seorang warga yang merupakan penggemar seni wayang yang juga turut menonton Festival Dalang Bocah mengungkapkan rasa syukurnya. Dengan adanya acara ini, maka akan ada regenerasi dalang yang ada di Kabupaten Boyolali.

"Semoga setiap tahun pemerintah selalu menyelenggarakan Festival Dalang Bocah ini untuk nguri-uri budaya Jawa," harapnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut