get app
inews
Aa Read Next : Lomba Ide Kreatif Poster Ilmiah dan Oral Presentasi Tahun 2023, Mahasiswa UMP Sukses Sabet Juara 1

Inspiratif! Kisah Anak Petani Jadi Profesor Pendidikan Matematika

Kamis, 02 Juni 2022 | 20:15 WIB
header img
Kisah Ahmad, anak seorang petani miskin di sebuah desa terpencil dapat mencapai titik tertinggi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsJatenginfo.id - Terlahir bukan dari keluarga mampu, disebuah desa terpencil di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

Ahmad (57) kecil setiap harinya harus berjalan melalui jalan setapak dengan kontur berbukit-bukit untuk menunju Sekolah Dasar yang berjarak sekitar tujuh kilometer.

Bahkan sepatu yang digunakan setiap harinya berlahan menipis hingga rusak, karena orangtuanya yang hanya buruh tani di Desa Cibunigeulis, Kecamatan Bungursari, tak mampu membelikannya sepatu baru. Namun, anak ragil dari 10 bersaudara ini tetap bersemangat menimba ilmu meskipun dengan segala keterbatasan yang ia alami.

"Saya merupakan orang yang tidak mampu, setiap hari saya perjalanan dari rumah ke SD kira kira 7 kilometer, jalan kaki di SD Cibunigeulis Tasikmalaya, dan sepatu sampai alas kaki bawahnya habis, jalannya belum aspal dan kemampuan orang tua tidak mungkin untuk menyekolahkan," kata Ahmad menceritakan kisahnya, Kamis (2/6).

Kisah perjalanan hidupnya ia ceritakan saat Rapat Senat Terbuka yang mengukuhkan dirinya sebagai Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dengan gelar Prof. Drs. Ahmad, MPd, PhD. 

Pencapaian ini, diakuinya merupakan sebuah anugerah yang tak terhingga. Anak seorang petani miskin di sebuah desa terpencil dapat mencapai titik tertinggi dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut