get app
inews
Aa Read Next : Lomba Ide Kreatif Poster Ilmiah dan Oral Presentasi Tahun 2023, Mahasiswa UMP Sukses Sabet Juara 1

Mahasiswa UMP Kembangkan Inovasi Permen Berbahan Dasar Ekstrak Daun Belimbing Wuluh

Selasa, 17 Oktober 2023 | 14:43 WIB
header img
Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil mengembangkan inovasi permen berbahan dasar ekstrak daun belimbing wuluh dan jeruk nipis. Foto: Dok UMP

PURWOKERTO, iNewsJatenginfo.id - Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil mengembangkan inovasi permen berbahan dasar ekstrak daun belimbing wuluh dan jeruk nipis. Permen ini dibuat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memberikan perlindungan dari infeksi virus.

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang dipimpin oleh Titi Mariana, beranggotakan Fithrotul Aulya Rahmah, Farmayda Wening, Nadya Erieke dan Annisa Zahrani ini berhasil meraih pendanaan bergengsi dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

"Tim kami menciptakan produk bernama EPSILON, yaitu permen edible film strip yang mengandung ekstrak daun belimbing wuluh dan sari jeruk nipis. Dari penelitian, kami menemukan bahwa komponen-komponen ini dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh," kata Ketua Tim, Titi Mariana dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Menurut dia, selama ini, belimbing wuluh belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai bahan alam untuk pengembangan produk obat. Maka dari itu, potensi ini yang akhirnya mendorong tim PKM Fakultas Farmasi UMP untuk dapat melakukan inovasi dalam pengolahan bahan alam tersebut. 

Produk yang dihasilkan dalam bentuk film strip ini sendiri belum banyak hadir di pasaran, sehingga produk ini diharapkan bisa menciptakan peluang baru dan kontribusi ekonomi yang signifikan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut