get app
inews
Aa Read Next : Panglima TNI Duga Kebakaran Gudmurah Ciangsana Disebabkan Gesekan Amunisi Kedaluwarsa

Atas Keprihatinan Terhadap Tunanetra, Firman Bangun Pesantren dan SLB Sebagai Tempat Hafalan Quran

Senin, 30 Mei 2022 | 11:44 WIB
header img
Pesantren dan SLB Cahaya Quran. Foto: ACT


BOGOR, iNewsJatenginfo.id - Pendidikan formal sampai saat ini masih sulit diakses oleh penyandang tunanetra. Keberadaan Sekolah Luar Biasa (SLB) pun masih sangat sulit di beberapa daerah, jikapun ada lokasinya cukup jauh.

Melihat kondisi tersebut, tahun 2013, Firman, warga Desa Benteng, Ciampea, Kabupaten Bogor, mendirikan Pesantren Tunanetra dan SLB Cahaya Qur'an di kampungnya. 

Pesantren dan SLB dibuat berdampingan agar memudahkan tunanetra menuju sekolah.

Bukan tanpa alasan Firman mendirikan pesantren dan SLB ini. Sebelumnya, ia melihat anak-anak tunanetra harus menuju SLB yang lokasinya cukup jauh dari rumah. Tentu ini menyulitkan mereka yang tidak mampu melihat secara sempurna.

"Berangkat dari keprihatinan dan ketidakmampuan ekonomi anak-anak tunanetra, diputuskan SLB harus berdampingan dengan asrama. Dengan konsep sekolah dan asrama, penghuni tunanetra tidak perlu repot pulang-pergi setiap hari. Jadi di tempat ini selain bersekolah, mereka juga bisa bermain bersama, belajar dan menghafal Alquran," jelas Firman.

Dengan lokasi yang berdampingan, menurut Firman, anak-anak tunanetra lebih mudah menuju sekolah, juga tidak perlu mengeluarkan biaya. Apalagi banyak penyandang tunanetra berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

"Semua anak tunanetra yang tinggal di pesantren dan sekolah di SLB Cahaya Qur'an gratis. Semuanya berasal dari keluarga kurang mampu, yatim, dan dhuafa," tambah Firman.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut