get app
inews
Aa Read Next : Kandang Peternakan Ayam di Boja Kendal Terbakar, 20.000 Ekor Mati Terpanggang

Panglima TNI Duga Kebakaran Gudmurah Ciangsana Disebabkan Gesekan Amunisi Kedaluwarsa

Senin, 01 April 2024 | 04:10 WIB
header img
Panglima TNI Agus Subiyanto menduga penyebab kebakaran Gudmurah di Ciangsana, Bogor, akibat gesekan amunisi yang kedaluwarsa. (Foto: Jonathan Simanjuntak)

BOGOR, iNewsJatenginfo.id - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan penyebab kebakaran Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Ciangsana, Bogor, pada Sabtu (30/3/2024) malam diduga akibat gesekan amunisi yang kedaluwarsa atau expired. Menurutnya, amunisi kedaluwarsa itu sejatinya hendak dimusnahkan, namun meledak.

"Ledakan terjadi di gudang penyimpanan amunisi sisa latihan atau temuan, dan amunisi-amunisi yang sudah expired. Secara sistematis sebenarnya amunisi-amunisi itu akan diledakkan. Didisposal namanya," kata Agus di Gudmurah Jaya, Minggu (31/3/2024).

Agus mengatakan, amunisi yang telah expired relatif lebih sensitif. Hal itu yang diduga menjadi pemicu awal mula terjadinya kebakaran.

"Ya memang kalau sudah expired itu relatif sensitif dia, labil. Dia kena gesekan, gerakan, kena panas dia akan mudah, mudah meledak," tuturnya.

Menyusul peristiwa tersebut, Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) TNI AD langsung dikerahkan. Mereka menyisir materiel yang terpental ke permukiman warga akibat ledakan tersebut.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut