get app
inews
Aa Read Next : Guru Penggerak : Mencetak Generasi Pemimpin Yang Berakhlak

Menggapai Cita – Cita Pendidikan Melalui Merdeka Belajar

Kamis, 04 April 2024 | 14:58 WIB
header img
Menggapai Cita – Cita Pendidikan Melalui Merdeka Belajar. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id -Semakin berkembangnya zaman, semakin kompleks pula dinamika sosial yang ada di dalamnya. Tak heran perkembangan ini juga mengantarkan kenyataan dimana adanya beragam pergeseran perubahan baik deri segi sosial, budaya, laku kerja, dan paradigma berjalan saling beriringan. Pendidikan menjadi salah satu instrument yang mampu mengimbangi perkembangan ini, sebab, di Indonesia khususnya, melalui Pendidikan inilah, persiapan dan kesigapan sumber daya insani mampu diakomodasi.

Melihat hal ini, kebijakan dan terobosan yang dilakukan oleh pemerintah, apalagi melalui instansi seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tentu akan menarik untuk dilihat. Bagaimana terobosan yang dilakukan dalam menciptakan ruang – ruang penyelenggaraan Pendidikan mampu menjembatani proses para peserta didik dalam menyongsong perkembangan dan dinamika zaman yang semakin kompleks. Lebih jauh dari ini, salah satu kebijakan yang senter dan banyak menuai atensi, Merdeka Belajar adalah salah satu desain besar kebijakan yang dilakukan. 

Maka menjadi sangat penting, bahwa apa yang dilakukan Kemendikbudristek dan sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Nabila Syarifa (2019), lembaga Pendidikan perlu menyiapkan para pelajar atau peserta didik untuk menyongsong perubahan, kemajuan dan perkembangan zaman, dan untuk dituntut mampu melaksanakan dan merancang proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Hal ini juga dilakukan agar setiap proses pendidikan nantinya mampu meraih capaian dan tujuan pembelajaran yang mencakup aspek sikap pengetahuan dan keterampilan secara optimal dan tentunya juga relevan. 

Mengapa terobosan ini menjadi penting ?, yang paling sederhana misalnya, di era industri 4.0 ini saja, setiap tantangan dan peluang yang memberikan kesempatan besar bagi lembaga Pendidikan agar mampu menjadi organ titik prasyarat untuk bisa menjadi lebih maju dan berkembang lagi. Lembaga Pendidikan kemudian harus mampu memiliki daya inovasi serta merta dapat memberlakukan jalinan kolaborasi. Jika lembaga Pendidikan saja tidak mampu melakukan ini, ketertinggalan dan kemunduran Pendidikan bukan hal yang tidak mungkin. 

Keselarasan Proses Pendidikan

Dengan demikian, lembaga Pendidikan harus mampu memberikan keselarasan dan keseimbangan sistem Pendidikan dengan perkembangan zaman yang ada. Melalui sistem Pendidikan, generasi penerus bangsa akan disuguhi proses panjang dimana peserta didik tidak hanya dibekali agar mampu memiliki daya keterampilan yang mampu berpikir secara kritis belaka. Namun juga diimbangi dengan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi secara kreatif dan inovatif, sebab jika hanya berfokus pada satu segmen saja dalam menguatkan daya kritis, kebermanfaatan proses Pendidikan akan sukar untuk digapai, dan juga sebaliknya, jalinan kolaborasi tanpa adanya inisiasi kretafivitas akan sulit menggugah keterbaikan. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut