get app
inews
Aa Read Next : IMM Kendal Menyoroti Kelangkaan Gas LPG di Masyarakat

Mandiri dan Bebas Dari Tekanan, Bentuk Sesungguhnya Merdeka Belajar

Selasa, 12 Desember 2023 | 21:49 WIB
header img
Workshop Pendidikan dengan tema “Pengaruh Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Akademik dan Kemandirian Siswa” di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (8/12/2023). Foto: Ist

KENDAL, iNewsJatenginfo.id - Hakikat belajar yang sesungguhnya, adalah belajar mandiri dan bebas dari tekanan, sebagai aktivitas yang muncul dari rasa ingin tahu dari dalam diri sendiri para siswa.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kendal Drs. Ahmad Suyuti SH, MH saat menjadi pembicara Workshop Pendidikan dengan tema “Pengaruh Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Akademik dan Kemandirian Siswa” di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (8/12/2023).

Workshop yang diikuti para guru di Kabupaten Kendal itu, diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Bersama dengan Komisi X DPR RI di hotel Sae Inn Kendal.

“Belajar dikatakan berhasil ketika motivasi dan rasa ingin tahu peserta didik meningkat, yaitu siswa tidak lagi menunggu disuruh belajar, diberi materi, soal, atau tugas. Selain itu, siswa tidak hanya aktif mengonsumsi pengetahuan, melainkan juga mengonstruksi pengetahuan, menuangkan ide, dan menghasilkan karya” ujar Suyuti yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan itu.

Lebih jauh Suyuti yang perah menjadi guru SMA Negeri di Kendal itu, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para guru di wilayahnya, dengan memastikan anggaran pendidikan tetap teralokasi secara maksimal.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut