get app
inews
Aa Read Next : Ditengah Perang dan Keluarga yang Terluka, Mahasiswi UMP asal Palestina Terus Mengejar Pendidikannya

Taufan Al-Aqsha Metafor Politik -Agama -lingustik

Kamis, 12 Oktober 2023 | 20:01 WIB
header img
Mamdukh Budiman, Dosen Bahasa Arab, Kajian Timur Tengah dan Studi Islam Unimus. Foto: Ist

Metafora politik dan agama linguistik merujuk pada penggunaan bahasa dan retorika politik yang melibatkan metafora untuk mempengaruhi persepsi dan pemahaman publik tentang isu-isu politik. Metafora adalah alat penting dalam komunikasi politik karena mereka dapat merangkul emosi, menciptakan citra mental yang kuat, dan membentuk pemikiran publik. Analisis linguistik membantu kita lebih memahami dampak bahasa dalam konflik, memungkinkan kita untuk lebih kritis dalam mengevaluasi naratif dan pemahaman yang ada. 

Kemudian makna Al Aqsha الأقصى Al-Aqsa adalah istilah yang merujuk kepada Masjid Al-Aqsa (Bahasa Arab: المسجد الأقصى‎, al-Masjid al-Aqsa), yang merupakan salah satu situs suci dalam agama Islam. Masjid Al-Aqsa terletak di Kota Lama Yerusalem dan adalah salah satu dari tiga situs yang paling suci dalam Islam, yang lainnya adalah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Makna dan pentingnya Al-Aqsa dalam Islam adalah sebagai berikut:

Tempat Suci: Al-Aqsa adalah salah satu tempat suci yang paling penting dalam Islam. Itu adalah tempat di mana Nabi Muhammad (SAW) melakukan Isra dan Mi’raj, pengalaman spiritual yang penting dalam sejarah Islam. Al-Aqsa adalah tempat yang diberkahi dan suci bagi umat Islam.

Hubungan dengan Baitullah: Masjid Al-Aqsa terletak di sekitar area yang juga mencakup Kubah Batu (Dome of the Rock) yang merupakan bagian dari Al-Haram al-Sharif (The Noble Sanctuary). Ini adalah situs tempat terdapat Batu Hajar Aswad, yang juga merupakan salah satu elemen penting dalam Masjidil Haram di Makkah. Oleh karena itu, ada hubungan simbolis antara Al-Aqsa dan Baitullah di Makkah dalam ajaran Islam.

Sejarah dan Kepemilikan: Al-Aqsa dan wilayah sekitarnya di Kota Lama Yerusalem adalah wilayah yang telah lama menjadi pusat konflik politik dan agama. Ini adalah tempat suci bagi umat Islam, tetapi juga memiliki makna penting dalam agama-agama lain, seperti Yudaisme dan Kristen. Oleh karena itu, wilayah ini telah menjadi sumber konflik dan ketegangan selama bertahun-tahun.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut