get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Belajar Mengajar yang Menyenangkan

Jum'at, 07 Juli 2023 | 12:54 WIB
header img

Dalam proses pendidikan, belajar dan mengajar menjadi terma pokok yang seringkali jadi esensi pendidikan itu sendiri. Pendidikan yang di dalamnya mengandung laku tentang muatan berupa pengetahuan atau keilmuan yang diatur melalui kurikulum dan target pendidikan merupakan serangkaian pasti gerakan yang bertautan antara pihak yang menerima pembelajaran (yang biasa dikenal dengan peserta didik atau murid) dan pihak yang memberikan pembelajaran (guru, dosen, maupun tenaga kependidikan).

Proses ini secara sederhana mengandung arti bahwa jika dalam pembelajaran hanya satu pihak saja yang aktif dan menjalani perannya, pendidikan bisa saja dikatakan belum mampu optimal dalam pelaksanaannya. Proses pendidikan adalah dimana antar keduanya bertemu di satu momen, di ruang tertentu yang terikat pada waktu maupun metode. Dalam proses ini pula ada nilai transfer yang bergerak dari satu pihak ke pihak lainnya.

Belajar dan Mengajar

Belajar dan mengajar adalah satu padu kesatuan yang saling mengisi relung pendidikan itu sendiri, yang pada tahap selanjutnya malah setiap mereka yang menjadi objek penerima pembelajaran lebih lanjut di waktu yang akan datang juga melakukan tugasnya sebagai insan-insan yang terlatih dan terdidik guna melakukan pengajaran berikutnya, sebab, kiranya dengan yang demikian itulah makna pengetahuan dan keilmuan yang ada akan semakin disebarluaskan dan dibagikan keberadaannya.

Konteksnya bisa macam-macam, bisa saja seperti halnya setiap murid kedepannya akan menjadi guru dan tenaga kependidikan atau setiap murid yang menjalankan masa sekolahnya menjadi pengajar bagi lingkungan terdekatnya seperti keluarga. Hal ini dalam implementasi yang jauh lebih luas lagi tentu berati juga akan menciptakan ekosistem kehidupan manusia yang jauh lebih positif dan berkualitas.

Belajar mengajar adalah keselarasan dari pada penyelenggaraan pendidikan itu sendiri, akan sulit nantinya jika dalam pendidikan, kegiatan yang ada hanya berpaku pada satu segmen saja. Maka bisa jadi diartikan secara mendalam, bahwa dalam pendidikan orientasi yang di bawa adalah dimana proses yang ada mengedepankan keseimbangan antara efektivitas belajar dan mengajar yang optimal pula.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut