get app
inews
Aa Read Next : Walikota Beri Pujian Kepala BI Tegal yang Masuki Masa Pensiun, Berkatnya Angka Inflasi Turun

Mampir ke Kota Tegal? ini 5 Oleh-Oleh Paling Populer, dari Tahu Aci sampai Manisan Cermai

Kamis, 29 Desember 2022 | 11:24 WIB
header img
Lima oleh-oleh Kota Tegal paling populer. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Lima oleh-oleh Kota Tegal paling populer, dari tahu sampai manisan cermai. Kota Tegal: Kota Bahari yang Tumbuh Menjadi Pusat Jasa dan Perdagangan. 

Terletak di kawasan pesisir utara, Kota Tegal kental dengan kemaritiman sehingga berjuluk Kota Bahari. Kota ini terkenal pula sebagai daerah asal mula warung Tegal atau warteg yang bertebaran di banyak daerah, termasuk di Jakarta.

Nama Tegal berasal dari nama Tetegal, tanah subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian. Sumber lain menyatakan, nama Tegal dipercaya berasal dari kata Teteguall. Sebutan yang diberikan seorang pedagang asal Portugis yaitu Tome Pires yang singgah di Pelabuhan Tegal pada tahun 1500–an.

Selain itu, beberapa oleh-oleh Kota Tegal juga sangat populer dikalangan wisatawan. Dan tidak sedikit orang-orang yang melintas di Kota Tegal akan selalu mencari makanan atau cemilan ini.

Lantas apa saja oleh-oleh Kota tegal paling populer?. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (28/12/2022) berikut oleh-oleh Kota tegal paling populer.

Oleh-oleh Kota tegal paling populer
1.Tahu Aci dan Tahu Pletok

Tahu Aci dan Tahu Pletok adalah salah satu oleh-oleh khas Kota Tegal yang paling populer. Tahu aci sendiri terbuat dari tahu kuning yang dibelah dua membentuk segitiga dan diberi adonan tepung kanji, lain halnya dengan tahu pletok. 

Sedangkan tahu pletok dibuat dari tahu kulit yang dibelah-belah menjadi lebar kemudian ditambahkan adonan aci yang telah dicampur bumbu kunyit dan daun kucai.

2. Latopia
Latopia adalah oleh-oleh khas Tegal, Jawa Tengah. Bentuknya mirip bakpia, hanya saja latopia khas Tegal kulitnya lebih tebal dan garing. Boleh dibilang, latopia adalah bakpia versi Tegal. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut