get app
inews
Aa Read Next : Walikota Beri Pujian Kepala BI Tegal yang Masuki Masa Pensiun, Berkatnya Angka Inflasi Turun

Indeks Pembangunan Manusia, Kota Tegal Masuk Lima Besar di Jateng

Selasa, 29 Agustus 2023 | 14:41 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih memberikan materi pada workshop pendidikan. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

TEGAL, iNewsJatenginfo.id - Wakil Ketua Komisi X DPR RI H Abdul Fikri Faqih dalam Workshop Pendidikan Penguatan Kompetensi Guru Dalam Konsepsi Merdeka Belajar mengutarakan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Tegal masuk 5 sampai 10 besar di Jawa Tengah. Kegiatan itu berlangsung di Plaza Hotel Kota Tegal, Senin (28/8).

"Di Dapil Jateng IX, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes. Kota Tegal sudah masuk di lima besar. Paling tidak sepuluh besar di Jawa Tengah Indeks Pembangunan Manusianya. Untuk Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes harus didorong lagi karena masih berada di lima besar dari bawah di Jawa Tengah," kata Fikri.

Lima besar dari bawah kata Fikri, bukannya tidak ada progres. Mereka sudah ada peningkatan tetapi kalah dengan daerah lain. Sehingga daerah lain IPM naik, sementara Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal masih tetap maka peringkatnya masih dibawah.

IPM yang pertama adalah pendidikan, dan ternyata sumber daya alam tidak bisa jadi sandaran masa depan bangsa dan anak cucu kita. Yang utama adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Karenanya dari pendidikan dan pendidikan adalah dari guru.

"Terbukti sarana prasarana saat Covid-19 tidak dipakai. Sehebat apapun sarana dan prasarana kalau kemudian gurunya tidak kreatif, gurunya tidak bisa menyesuaikan kondisi sekarang saya kira tidak begitu berarti," ujar Fikri.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut