get app
inews
Aa Read Next : Gegara Korsleting Listrik, Pabrik Roti di Salatiga Ludes Dilahap si Jago Merah

Harga Beras di Salatiga Meroket Jelang Tahun Baru 2023

Jum'at, 23 Desember 2022 | 13:45 WIB
header img
Harga beras di Salatiga mengalami kenaikan menjelang tahun baru 2023, (Foto : Ist)

SALATIGA, iNewsJatenginfo.id - Menjelang tahun baru, harga beras di Kota Salatiga mengalami kelonjakan harga. Kenaikan harga diduga karena faktor cuaca

Harga beras IR 64 kualitas premium berkisar antara Rp12.000 hingga Rp12.500 per kilogram sedangkan untuk beras jenis C4 kini Rp11.000 dari sebelumnya Rp10.200 per kilogram.

Beras jenis mentik wangi Rp12.000 per kilogram dan beras jenis GH mencapai Rp13.000 per kilogram.

Berdasarkan penuturan Ariadi (43) yang merupakan salah seorang pedagang beras di Sidorejo, Salatiga, kenaikkan harga beras terjadi sejak beberapa pekan lalu. Naiknya berkisar antara Rp800 hingga Rp1.000 per kilogram.

"Kenaikan harga beras salah satunya dipicu oleh faktor cuaca. Pada musim penghujan, petani dan penggilingan padi kesulitan mengeringkan gabah. Padahal gabah baru bisa digiling jika sudah benar-benar kering," katanya, Selasa (20/12/2022).

Selain itu, belakangan ini juga ada peningkatan permintaan konsumen meski tidak banyak.

"Menjelang Natal, ada peningkatan omzet namun tidak begitu banyak," ujarnya.

Sementara itu, kenaikan harga beras mulai dikeluhkan warga. Mereka meminta Pemkot Salatiga segera melakukan langkah untuk menurunkan harga beras di pasaran.

Jumiarti (46) warga Brajan, Blotongan, Sidorejo menuturkan, harga beras jenia C4 di eceran masih berkisar Rp11.000 per kilogram. Sebelum melambung, beras jenis tersebut harganya sekitar Rp10.200 per kilogram.

“Harga beras C4 Rp11.000 per kilogram sudah berjalan satu bulan. Ini sangat memberatkan warga kurang mampu seperti saya. Untuk itu, saya minta Pemkot Salatiga mengambil langkah agar masyarakat bisa mendapatkan beras dengan harga yang terjangkau,” katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut