get app
inews
Aa
Read Next : Pendiri Polmark Indonesia Ungkap Lima Modus Pencurian Suara pada Pemilu 2024, Ini Penjelasannya

Seleksi Panitia Pemilu Kecamatan

Jum'at, 09 Desember 2022 | 08:30 WIB
header img
Khafid Sirotudin. Foto: Ist

Partisipasi rakyat dalam pemilu bisa dilakukan melalui 3 cara yaitu sebagai pemilih yang berdaulat, peserta pemilu (Caleg, Capres/Cawapres, Cakapa/Cawakada) dan penyelenggara pemilu (DKPP, KPU dan Bawaslu). Setiap posisi membutuhkan "syarat dan rukun" yang baik sesuai norma yang berlaku. Kita harus menentukan pilihan terbaik pada posisi 5W+1H (What, Where, When, Who, Why and How) yang akan dipilih.

Pemilu merupakan instrumen penting dalam demokrasi. Mungkin saja bukan yang terbaik dalam proses pembangunan kehidupan politik sebuah bangsa. Namun inilah yang telah menjadi pilihan kita dalam berdemokrasi. Dengan pemilu dapat diketahui secara kuantitatif siapa yang dikehendaki rakyat sebagai penguasa negeri, pemimpin wilayah/daerah dan para wakil rakyatnya.

Boleh jadi keunggulan kualitatif seorang calon tidak berbanding lurus dengan keunggulan kuantitatif calon terpilih. Tetapi ukuran kuantitatif inilah yang mampu dijangkau "otak manusia" secara simpel, mudah dan terukur. Sesuai kaidah fiqh : "Nahnu nahkumu bidhawaahir" (manusia menghukumi sesuatu sebatas yang nampak). Begitu pesan Ketua PWM Jateng, Dr. KH. Tafsir, M.Ag kepada jajaran LHKP-Fordem Berkemajuan Jateng.

Ihtiar bersama berbagai komponen anak bangsa untuk berperan serta menjadi penyelenggara pemilu di semua tingkatan merupakan usaha yang bernilai amal shalih. Bukankah Islam bermakna keselamatan dan rahmat bagi seluruh alam. Bukankah Islam menjamin keselamatan semua profesi pengabdian di berbagai ranah kebangsaan dan keumatan.

Tulisan ini saya akhiri sambil mendengarkan lagu "Manusia Setengah Dewa"-nya Iwan Fals :
.....
Turunkan harga secepatnya
Berikan kami pekerjaan
Pasti kuangkat engkau
Menjadi manusia setengah dewa

Masalah moral, masalah akhlak
Biar kami cari sendiri
Urus saja moralmu
Urus saja akhlakmu
Peraturan yang sehat
Yang kami mau

Tegakkan hukum
Setegak-tegaknya
Adil dan tegas
Tak pandang bulu
.....
Wallahua'lam

Pagersari, Weleri : 7 Desember 2022

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut