get app
inews
Aa Read Next : Bazar Murah Caleg Perindo GKR Ayu Koes Indriyah Disambut Antusias Warga

Terkena Abrasi Bengawan Solo, Rumah Warga Nyaris Ambrol

Kamis, 01 Desember 2022 | 10:41 WIB
header img
Salah satu bangunan rumah warga di Desa Pojok, Tawangsari, Sukoharjo, nyaris ambrol terdampak longsor akibat abrasi Bengawan Solo. Foto: iNews/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id - Sebuah bangunan rumah di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mengalami kerusakan parah akibat abrasi aliran Sungai Bengawan Solo.

Rumah milik warga setempat yang masih dalam tahap pembangunan itu, terancam ambrol akibat longsornya tanah di bibir sungai hingga menggerus daratan membentuk lobang besar. Lobang menyerupai gua itu tepat di bawah bangunan pondasi rumah.

Hal itu diketahui saat Bupati Sukoharjo Etik Suryani, melakukan peninjauan untuk melihat langsung kondisi di lapangan. Jika abrasi tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan semakin banyak rumah warga yang menjadi korban.

"Bangunan ini sebenarnya kan jauh dari sungai, namun karena abrasi membuat tanah yang berada di tanggul sungai tergerus. Abrasi ini terjadi karena adanya sedimen di tengah sungai membentuk pulau sehingga menghambat aliran arus sungai," kata Bupati dilokasi, Rabu (30/11/2022).

Atas kejadian itu, Bupati mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Desa (Kades) Pojok, yang mana didapat laporan telah berkirim surat ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

"Karena (soal sendimen dan abrasi Bengawan Solo) ini wewenangnya BBWSBS. Maka kami bersurat, memohon supaya (persoalan) ini ditindaklanjuti, karena ini sangat mendesak menjadi prioritas," tegas Bupati.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut