get app
inews
Aa Read Next : Gegara Menjual Rokok Eceran Dilarang, Pelaku Usaha Tembakau Keberatan

Bikin Paru-paru Sehat! Ini 8 Makanan Pembersih Paru-paru bagi Mantan Perokok

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 13:25 WIB
header img
Makanan untuk membersihkan paru-paru kotor. (Foto:Pixabay)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id – Bagi yang pernah kecanduan dengan rokok perlu tahu tips sehat ini. Sisa-sisa racun kerap masih tersisa di paru-paru. Nutrisi yang sehat dapat membantu tubuh mengeluarkan racun-racun berbahaya.

Namun, setelah cedera kronis seperti kerusakan akibat merokok selama bertahun-tahun, paru-paru hanya dapat bertahan untuk memperbaiki diri, namun tidak untuk membersihkan. Paru-paru sangat baik untuk membersihkan dan memperbaiki diri dalam beberapa situasi.

Dikutip dari Web MD, merokok menyebabkan dua jenis kerusakan jangka panjang pada paru-paru, yakni emfisema dan beronkitis kronis atau keduanya dikenal dengan penyakit paru obstuktif kronik (PPOK).

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan akibat rokok dan polusi.

Makanan Pembersih Paru-paru

1. Sayur Hijau
Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan antioksidan dan keratenoid yang bantu turunkan peradangan paru-paru. Keratenoid dianggap melindungi sel dan berperan dalam menghalangi tahap awal kanker.
Baca juga: Perokok Catat! 6 Makanan Pembersih Paru-paru Ini Diyakini Ampuh Legakan Napas

2. Telur
Telur diperkaya omega 3 dan protein. Selain itu, telur juga mengandung vitamin A yang bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan menumbuhkan sel-sel baru yang normal. Ini membuat vitamin A yang terkandung pada telur dipercaya dapat menumbuhkan jaringan paru-paru yang sehat dan meningkatkan kesehatan jaringan paru-paru.

3. Bluberi
Bluberi diperkaya vlavonoid anthocyanin, yakni antioksidan yang ditemukan untuk melindungi paru-paru seiring bertambahnya usia. Studi juga mengungkapkan bahwa antioksidan pada bluberi berperan dalam mengurangi perkembangan atau gejala PPOK.

4. Apel
Apel mengandung quercetin yang terbukti secara klinis bermanfaat bagi baru-paru. Quercetin membantu mengurangi risiko asma dan komplikasi PPOK dan bertindak sebagai anti-inflamasi untuk membantu mengurangi dampak negatif PPOK dan stres oksidatif dari lingkungan.
Quercetin dapat membantu paru-paru berfungsi lebih baik bagi perokok dan emfisema serta mengurangi efek keseluruhan dari asap rokok.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut