get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Peran Penting Kurikulum Merdeka, Wujudkan Pendidikan yang Membebaskan

Minggu, 21 Agustus 2022 | 22:48 WIB
header img
Kurikulum merdeka sebagai wujud pendidikan yang membebaskan. Foto: Ist

Terlebih dalam dunia pendidikan yang merupakan kunci baik tidaknya kondisi negara di masa depan bergantung pada proses pendidikan di masa kini

Kurikulum merdeka diluncurkan pada tanggal 11 Februari 2022, yang digadang-gadang sebagai salah satu program untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan juga sebagai respon atas realitas yang terjadi setelah pandemi, tujuan utamanya adalah demi terwujudnya merdeka belajar bagi peserta didik.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Nadiem Makarim, dalam peluncurannya kurikulum ini secara daring, ia mengatakan bahwa kurikulum merdeka ini lebih sederhana dan fleksibel untuk bisa mendukung learning loss recovery akibat pandemi covid 19 dan untuk mendorong perbaikan kualitas dan pemulihan dari krisis pembelajaran.

Mas Menteri lanjutnya menjelaskan keunggulan utama kurikulum merdeka dapat kita ketahui, yang pertama kurikulum merdeka fokus pada materi esensial, dengan memperhatikan proses belajar murid, dan menerapkan pembelajaran yang mendalam. 

Kedua, memberi jam pelajaran khusus bagi pengembangan karakter melalui project profil pelajar Pancasila. 

Ketiga, memberi fleksibilitas bagi sekolah untuk merancang operasionalnya sendiri dan bagi guru menyesuaikan pembelajaran sesuai tingkat kemampuan muridnya.

Karakteristik Kurikulum Merdeka yang Membebaskan

Kembali kepada Freire tentang pendidikan yang membebaskan memiliki ciri-ciri Pertama, proses pembelajaran yang manusiawi dan dialogis, yang berarti hubungan antara guru dan murid ada ketersalingan dalam proses belajar mengajar.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut