get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka Bawa Angin Segar Pendidikan Indonesia

Kurikulum Merdeka dan Segudang Manfaatnya

Rabu, 01 Mei 2024 | 01:49 WIB
header img
Ilustrasi Proses Pembelajaran, sumber : Dokumentasi Pribadi

iNewsJatenginfo.id - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena hal itu akan berdampak pada kualitas SDM suatu bangsa. Berbicara mengenai Pendidikan, maka tentu akan ada kaitannya dengan kurikulum. Kurikulum Pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa kali pergantian. Mulai pada tahun 1947 sampai dengan kurikulum saat ini ialah kurikulum Merdeka. Tentu perubahan kurikulum ini disesuaikan juga dengan kondisi yang ada saat ini agar nantinya SDM yang dihasilkan dapat bersaing dengan tantangan zaman. 

Pendidikan dan kurikulum memiliki hubungan yang erat dan saling terkait. Kurikulum dapat diartikan sebagai rencana atau panduan pembelajaran yang menggambarkan tujuan, isi, metode, dan evaluasi pembelajaran yang disusun oleh pemerintah untuk mencapai tujuan Pendidikan yang diinginkan. Saat ini, di Indonesia menerapkan kurikulum merdeka. 

Kurikulum Merdeka

Kurikulum perlu dikembangkan dengan landasan yang jelas dan kokoh. Menurut Ornstein dan Hunkins (2018) terdapat beberapa landasan utama pengembangan kurikulum, yaitu landasan filosofis, historis, sosiologis, dan yuridis. Selain itu, perkembangan teori dan wacana ilmu pengetahuan, terutama ilmu pendidikan, perlu juga dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum.

Pengembangan kurikulum merdeka secara filosofis didasarkan pada kerangka pemikiran Ki Hajar Dewantara yakni upaya untuk membangun manusia merdeka, yaitu manusia yang secara lahir atau batin tidak bergantung kepada orang lain, akan tetapi bersandar atas kekuatan sendiri.

Pengembangan kurikulum nasional perlu didasarkan pada pertimbangan historis, terutama untuk melihat konteks perubahan kurikulum yang pernah dilakukan. Kemudian secara sosiologis terdapat tiga pertimbangan yaitu terkait revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 (society 5.0), dinamika global, dan keragaman sosial masyarakat Indonesia. Selanjutnya ialah pengembangan kurikulum secara pandangan didasarkan pada perundang undangan, peraturan, dan kebijakan nasional dalam bidang Pendidikan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut