Pembelajaran berdiferensiasi sangat cocok diterapkan karena dalam pembelajaran ini pendidik merencanakan dan menyusun bahan, aktivitas, tugas yang akan dikerjakan di sekolah ataupun di rumah dan evaluasi akhir yang disesuaikan dengan kesiapan, minat dan apa yang disukai peserta didik. Pembelajaran ini dapat menantang peserta didik belajar lebih dalam, memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjadi tutor sebaya, dan membuat pendidik kembali belajar menyadari bahwa tidak semua peserta didik dapat disamaratakan proses pembelajarannya.
Pembelajaran berdiferensiasi ini dibedakan menjadi tiga yakni diferensiasi konten, proses dan produk sehingga pembelajaran ini membuat siswa semakin termotivasi dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan pembelajaran berdiferensiasi, semua kebutuhan belajar siswa terakomodir sesuai minat atau profil belajar yang dimiliki. Pada kelas yang menerapkan pembelajaran diferensiasi, guru harus berpikir bahwa para siswa memiliki kebutuhan belajar yang beragam dan berbeda satu dengan yang lainnya.
Beberapa penelitian juga telah menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif pada pembelajaran. Penelitian yang dilakukan oleh Herwina Wiwin (2021) menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu membantu murid mencapai hasil belajar optimal, karena produk yang akan mereka hasilkan sesuai minat mereka. Penelitian lain juga dilakukan oleh Faiz Aiman, dkk (2022) menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan kesempatan bagi siswa agar mampu belajar secara natural dan efiisien dengan guru yang mampu mengkolaborasikan metode dan pendekatan yang dibutuhkan.
Kurikulum merdeka tentu memberikan banyak hal baru dalam dunia Pendidikan Indonesia. Hal baru tersebut tentu hal positif yang dapat meningkatkan mutu Pendidikan. Karena mutu Pendidikan Indonesia harus didukung oleh mutu dan kualitas guru juga kurikulum sebagai elemen Pendidikan. Keduanya harus berjalan beriringan untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas tidak hanya dari segi akademik tetapi non akademik juga. Semoga semua elemen baik pemerintah hingga warga masyarakat terus mau mendukung kebaikan dan kemajuan mutu Pendidikan Indonesia.
Oleh : Ikrima Maulida, Aktivitas Perempuan Asal Bali
Editor : Iman Nurhayanto