get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Ingin Temui Megawati, Danhil Anzar: Ambisi Bertemu Semua Mantan Presiden

Pentas Wayang Santri dengan Lakon Bedug Asmara, Nguri-Uri Budaya Tradisional di Tegal

Senin, 08 Agustus 2022 | 16:02 WIB
header img
Pentas Wayang Santri Dengan Lakon "Bedug Asmara", Nguri-Uri Budaya Tradisional. Foto: Ist

TEGAL, iNewsJatenginfo.id - Pementasan Wayang Santri dengan mengambil lakon "Bedug Asmara" digelar di lapangan desa Cempaka, kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Minggu malam, (7/8/2022).

Pementasan wayang khas tegalan yang ditonton masyarakat luas di lapangan terbuka desa Cempaka itu, benar-benar menjadi pengobat ridu bagi masyarakat akan hiburan setelah  selama 2 tahun harus menahan diri akibat pandemi Covid-19.

Penontot menikmati  berbagai lelucon, dan petuah yang mudah dicerna. Serta tidak ketinggalan keseriusan sebagaimana adengan pertunjukan wayang golek yang berkisah tentang dunia pewayangan, yang malam itu  berkisah tentang Kisah Lupit yang diutus menolong Putri Tawangsih yang ditawan  oleh Siluman Garuda Kakra di dalam bedug.  Sang Putri telah berjanji, jika yang berhasil menolong wanita akan dijadikan saudara, jika yang menolong laki laki akan dijadikan suami. Akhirnya Lupit yang berwajah buruk mendapatkan jodoh Putri Tawangsih.

Sebelum pentas Wayang Santri diawali dengan  dialog budaya. Dialog Media Tradisional Nguri-uri Kebudayaan Wayang Santri yang difasilitasi DPRD Jawa Tengah   itu menampilkan pembicara Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa tengah, Fuad Hidayat, Ketua Pusat Kajian Media dan Kebudayaan  Teguh Hadi Prayitno dan Dalang Ki Haryo Enthus Susmono, serta budayawan Tri Wiharjo. Sedangkan moderator  adalah Septi Wulandari yang juga merupakan Produser iNews TV Semarang.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng Fuad Hidayat mengatakan, wayang santri tak hanya menjadi tontonan, namun juga sebagai tuntunan, karena nilai-nilai positif yang selalu disebarkan saat penampilan Wayang Santri ini.

“Wayang Santri khas Tegal yang sangat digandrungi masyarakat, selain menghibur juga  bisa menginspirasi. Oleh karenanya, kami  bertekad untuk terus mendukung segala kegiatan yang dilakukan para pegiat budaya agar bisa tampil serta dinikmati  masyarakat secara luas," ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Tegal dan Brebes tersebut.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut