get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Pemulihan Penyakit Cacar Monyet Cukup Lama, Inilah Penjelasan Ahli

Wabah Cacar Monyet Menyebar, Apakah Penyakit Menular Seksual Baru?

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:50 WIB
header img
Penyakit cacar monyet ada kemungkinan menjadi penyakit menular seksual baru, (Foto : Arizona daily star)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Cacar monyet punya kemungkinan jadi penyakit menular seksual baru dilihat dari kasus penyebarannya di Amerika Serikat. Meskipun beberapa pejabat kesehatan mengatakan, virus ini mungkin bisa segera diatasi sebelum benar-benar mewabah.

Beberapa pihak khawatir penyebaran cacar monyet akan meluas seperti penyakit menular seksual lain yakni gonore, herpes, dan HIV. Namun sejumlah pakar kesehatan tak setuju dengan pendapat itu.

Sejauh ini, lebih dari 2.800 kasus cacar monyet di AS telah dilaporkan sebagai bagian dari wabah internasional. Sekitar 99% kasus cacar monyet menimpa pria yang melaporkan berhubungan seks dengan pria lain atau pria gay.

Seperti dilansir dari News Medical, bukti-bukti klinis terbaru memang menunjukkan penularan cacar monyet bisa terjadi selama hubungan seksual. Meskipun butuh penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi bahwa cacar monyet menjadi penyakit menular seksual baru.

Namun memang penularan virus cacar monyet selama hubungan seksual, sudah banyak dikonfirmasi.

Risiko penularan cacar monyet melalui kontak seksual aktif menekankan perlunya meningkatkan kesadaran di antara populasi yang aktif secara seksual untuk mencegah wabah di masa depan.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), populasi rentan terkena cacar monyet antara lain orang yang memiliki banyak pasangan seksual, terutama mereka yang berada dalam komunitas LGBT.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut