get app
inews
Aa Read Next : Gegara Korsleting Listrik, Pabrik Roti di Salatiga Ludes Dilahap si Jago Merah

Kapolres Kota Salatiga Pastikan Tidak Ada Kelompok Khilafatul Muslimin

Senin, 13 Juni 2022 | 19:41 WIB
header img
Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana. Foto: Angga Rosa

SALATIGA, iNewsJatenginfo.id - Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana memastikan sejauh ini di wilayah Kota Salatiga belum ada kelompok Khilafatul Muslimin

Namun demikian, Polres Salatiga tetap melakukan langkah antisipasi dan menerjunkan personel di lapangan untuk melakukan pengawasan. 

"Sampai saat ini, belum ada kelompok Khilafatul Muslimin di Salatiga. Dari pengawasan kami, Salatiga masih aman dari Khilafatul Muslimin," kata Kapolres usai apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2022 di Polres Salatiga, Senin (13/6).  

Dia mengatakan, Polres Salatiga telah membentuk tim khusus intelijen memantau untuk perkembangan situasi dan pergerakan Khilafatul Muslimin dari daerah lain. 

Langkah deteksi dini dilakukan dan diharapkan dapat meminimalisir pergerakan organisasi radikal.  

"Kami telah mendata semua ormas (organisasi masyarakat) yang berbadan hukum di Badan Kesbangpol Salatiga dan kami juga berkoordinasi dengan Kemenag untuk mengantisipasi masuknya kelompok radikal ke Salatiga," ujarnya.

Selain melakukan langkah deteksi dini, kata Kapolres, dalam upaya mencegah masuknya kelompok radikal ke Salatiga, Polres juga menggiatkan sosialisasi ke masyarakat.  

Peran Binmas dan Bhabinkamtibmas dimaksimalkan untuk sosialiasi agar tidak terpapar dan jika ada pergerakan kegiatan yang menyimpang akan dilakukan upaya sesuai prosedur hukum.  

"Kami juga berkomunikasi secara polres tetangga, yakni Polres Semarang, Polres Boyolali dan Polda Jateng dalam upaya pencegahan penyebaran paham radikal," ujarnya.
 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut