get app
inews
Aa Read Next : Cara Detoks Tubuh Agar Tetap Sehat Setelah Makan Berlebihan saat Lebaran

Tips Memasak Opor Ayam agar Tak Mudah Basi

Jum'at, 05 April 2024 | 12:51 WIB
header img
Ilustrasi opor ayam untuk hidangan Lebaran. (foto: istimewa)

Untuk proses pemerasan santan, gunakan air panas atau setidaknya air hangat untuk dijadikan sebagai santan kental dan juga berguna untuk mengurangi berkembangnya bakteri pada santan. 

Gunakan air matang bila Anda ingin mengambil santan cairnya. Sebenarnya ada banyak santan kemasan yang dijual di pasaran sehingga lebih praktis tetapi untuk rasanya tetap akan berbeda dari santan yang diperas sendiri.

3. Masak hingga matang

Pada saat masak untuk yang pertama kali, Anda harus memastikan bahwa opor telah benar-benar matang. Jangan hanya karena sudah mendidih lalu mematikan kompor. Biarkan opor ayam mendidih dan airnya mulai berkurang untuk mencegah opor ayam mudah basi.

4. Simpan di kulkas

Jika opor tidak cepat habis maka sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan letakkan di tempat yang paling dingin yaitu freezer. Baru ketika Anda hendak menyantapnya kembali bisa dihangatkan. 

Opor ayam kuah santan memang lebih sedap bila dinikmati dalam keadaan masih hangat. Proses penghangatan tersebut juga bertujuan untuk mencegah agar opor tidak mudah basi. Setelah dihangatkan jangan langsung diaduk, karena justru akan membuat opor cepat basi. Jadi sebaiknya tunggu sebentar barulah Anda bisa mengaduknya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut