get app
inews
Aa Read Next : Cara Detoks Tubuh Agar Tetap Sehat Setelah Makan Berlebihan saat Lebaran

Tips Memasak Opor Ayam agar Tak Mudah Basi

Jum'at, 05 April 2024 | 12:51 WIB
header img
Ilustrasi opor ayam untuk hidangan Lebaran. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Opor ayam tak hanya menjadi menu yang kerap hadir saat bulan puasa, namun juga menjadi hidangan favorit Lebaran. Namun, membuat opor ayam ternyata gampang-gampang susah. Jika tidak diolah dengan benar, sajian bersantan ini cenderung mudah basi. 

Pada momen Lebaran opor ayam biasanya dimasak dalam porsi yang banyak agar bisa disantap dalam beberapa hari ke depan. Lantas, apa saja tips yang perlu diperhatikan dalam memasak opor ayam agar tidak mudah basi?

Berikut lima cara yang bisa diikuti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2024).

1. Tumis bumbu halus sampai matang

Saat menumis bumbu halus, pastikan aroma harumnya keluar dari bumbu benar-benar dalam keadaan matang karena bisa memengaruhi kualitas opor ayam. Begitu juga saat proses memasak daging ayam. Pastikan Anda merebusnya sampai airnya mendidih, supaya daging ayam empuk luar dalam.

2. Pilih santan dari kelapa tua segar 

Sebelum memasak opor ayam, Anda tentunya harus membeli kelapa terlebih dahulu. Pilihlah kelapa yang sudah tua tetapi masih segar, lalu Anda bisa memarutnya di rumah. Jika ingin praktis, bisa langsung membeli yang sudah diparut asalkan kelapa tersebut tua.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut