get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi Tempat Wisata Semarang yang Buka Saat Lebaran 2024

Cara Detoks Tubuh Agar Tetap Sehat Setelah Makan Berlebihan saat Lebaran

Minggu, 14 April 2024 | 07:36 WIB
header img
Makan Berlebihan saat Lebaran? Begini Cara Detoks Tubuh agar Tetap Sehat (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Kalap makan saat Lebaran? Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mendetoks kembali tubuh agar tetap sehat

Makanan khas lebaran biasanya memakai bahan utama protein hewani yang diolah dengan tambahan santan bisa meningkatkan lemak jenuh di tubuh. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kondisi tubuh usai kalap makan saat lebaran.
 
Anda bisa mencoba mendetoks tubuh agar lebih sehat lagi. Berikut ini beberapa metode detoks tubuh yang bisa ditiru sebagaimana dikutip dari Today. 

Cara Detoks Kembali Tubuh 

1. Pilih sarapan yang tepat

Pilihlah sarapan yang bisa meningkatkan  metabolisme tubuh, seperti telur, salmon, atau smoothie buah dan sayur yang  menyehatkan usus. Hindari mengkonsumsi roti, sereal, atau versi apapun saat sarapan karena akan menyebabkan tubuh Anda menahan lebih banyak air.

2. Berolahraga dengan teratur

Olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah. Ini bisa membantu tubuh membuang racun dengan sendirinya. Anda bisa latihan kardio di mana saja asalkan gerakan tersebut bisa meningkatkan detak jantung dan mengeluarkan keringat.

3. Minum air lemon

Untuk membuang racun-racun dalam tubuh, Anda bisa memulai pagi dengan minum segelas air lemon dengan air dingin atau hangat. Hal ini dapat membantu pencernaan, sebab lemon mengandung pektin yang menjadikannya tambahan detoksifikasi pada minuman atau makanan apa pun. Memilih air hangat dibandingkan air dingin juga bisa membuat Anda merasa lebih kenyang.

4. Bersihkan pola makan

Jika Anda mulai mendetoks tubuh, hindari mengkonsumsi makanan kemasan dan olahan. Makanan olahan atau camilan kemasan mengandung garam dan gula yang tinggi. Ini bisa berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karenanya mulai konsumsi makanan utuh seperti sayuran asli dan daging-daging asli yang diolah dari mentah. 

5. Meditasi pagi

Meditasi dapat membuat kondisi mental lebih baik dan tenang. Selain itu, meditasi juga bisa menurunkan rasa cemas dan stress, sehingga tubuh bisa terasa lebih ringan dalam menjalankan aktivitas.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut