get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng Terima 55 Ribu Usulan Program dalam Musrenbang 2024

Mudik Lebaran 2024 Berdampak Positif Terhadap Perekonomian Daerah

Jum'at, 05 April 2024 | 13:08 WIB
header img
Pemprov Jawa Tengah Tangkap Peluang Ekonomi dari Pemudik Lebaran 2024. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersiap menangkap peluang ekonomi dengan adanya tradisi mudik Lebaran pada 2024. Sebab, berdasarkan prediksi Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan, jumlah pergerakan orang yang masuk dan melintas di Jateng selama Lebaran 2024 mencapai 18,23 juta orang.

"Dana yang dihabiskan rata-rata per orang mudik sebesar Rp768,386, dan sebanyak 18,23 juta orang bergerak di Jateng. Maka diperkirakan perputaran uang di Jateng sebanyak Rp14 triliun," ucap Pelaksana Harian Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Erry Derima Ryanto belum lama ini.
 
Tngginya jumlah pemudik tujuan Jateng, menurutnya berdampak positif terhadap perekonomian daerah.
 
Sedangkan Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyakini, seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Lebaran, perputaran uang pun mengalami peningkatan. Volume transaksi makanan dan minuman diprediksi naik antara 30% hingga 40%.
 
Demikian pula untuk sektor lain, juga akan mengalami kenaikan bervariatif, seperti sektor perdagangan, perhotelan, pariwisata, dan transportasi.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut