get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jateng Terima 55 Ribu Usulan Program dalam Musrenbang 2024

Mudik Lebaran 2024 Berdampak Positif Terhadap Perekonomian Daerah

Jum'at, 05 April 2024 | 13:08 WIB
header img
Pemprov Jawa Tengah Tangkap Peluang Ekonomi dari Pemudik Lebaran 2024. Foto: Ist

Tingginya perputaran uang tersebut, diyakini Nana berdampak positif bagi masyarakat Jateng, bahkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jateng.

“Memang setiap bulan puasa, menjelang hari raya, perputaran ataupun peredaran uang ini sangat tinggi. Dan ini menjadi hal yang sangat positif bagi masyarakat di Jateng. Artinya, antara produsen dengan konsumen akan saling menguntungkan, dan ini akan sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi di Jateng,” katanya.
 
Peluang itu bukanlah isapan jempol belaka. Berdasarkan data Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, jumlah kunjungan wisatawan nusantara pada Libur Lebaran tahun 2023 sebanyak 5.332.472 orang.

Lima obyek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara pada libur Lebaran 2023 meliputi Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Kota Lama Semarang, Pantai Menganti Kebumen, Candi Prambanan, dan Candi Borobudur. Adapun obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara meliputi Candi Borobudur, Candi Prambanan, Puthuk Setumbu, Candi Mendut, dan Bukit Rhema.
 
Obyek wisata di Jateng masih diyakini menjadi tujuan liburan pemudik. Berdasarkan catatan Disporapar Jateng, ada sebanyak 1.393 daya tarik wisata (DTW) di Jateng, terdiri dari 693 DTW alam, 232 DTW budaya, dan 463 DTW buatan. Selain itu, juga ada sebanyak 776 desa wisata.  

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut