get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pemilu 2024, Liliana Tanoesoedibjo Tekankan Pentingnya Cek Kesehatan

Azis Zein Soroti Isu Kemanusiaan Rohingya, Pemerintah Harus Tangani untuk Wujudkan Keadilan

Kamis, 04 Januari 2024 | 00:12 WIB
header img
Caleg DPR RI, Akmad Abdul Azis Zein dari Partai NasDem Dapil 1 Jawa Tengah (Kota Semarang, Salatiga, Kabupaten Semarang dan Kendal) menyoroti isu kemanusiaan yang menimpa pengungsi rohingya. Foto: Ist

SEMARANG, Jatenginfo.id – Pengungsi Rohingya di Indonesia tercatat berjumlah 1.487 orang per Senin (4/12/2023). Dilain sisi, masih dijumpai penolakan dari sebagian masyarakat di sejumlah daerah, seperti Aceh, Riau, dan Medan. Pengungsi etnis Rohingya menjadi sorotan bagi siapapun karena menghadirkan dilema kemanusiaan di Indonesia.

Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI, Akmad Abdul Azis Zein dari Partai NasDem Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Jawa Tengah (Kota Semarang, Salatiga, Kabupaten Semarang dan Kendal) juga turut menyoroti isu kemanusiaan yang menimpa pengungsi rohingya. Ia terus berkomitmen untuk terus mendukung upaya menuju keadilan bagi semua warga negara.

Kehadiran warga Rohingya di wilayah Indonesia memang telah memicu kontroversi. Ada pendapat bahwa sebagai negara yang tidak ikut dalam Konvensi Pengungsi (Convention Relating to the Status of Refugees atau Refugees Convention) 1951; keberadaan mereka bukan menjadi urusan Indonesia. Apalagi sudah ada Undang-Undang Keimigrasian dan Peraturan Presiden tentang Penanganan Pengungsi.

“Sebagai bangsa yang meyakini prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab, Indonesia perlu menelaah persoalan Rohingya ini secara lebih cermat dan bijak,” kata Azis Zein, Rabu (3/01/2024).

Undang-Undang Keimigrasian saat ini hanya mengatur tentang masuk dan keluarnya orang asing ke wilayah Indonesia dalam situasi yang normal. Adapun para pengungsi adalah orang yang berada dalam situasi yang tidak normal karena mengalami penindasan dan penganiayaan serta tak memperoleh perlindungan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut