get app
inews
Aa Read Next : Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Disebut Pernah Minta SYL Bantu Kampungnya di Klaten

ADWI 2023 : Desa Wisata Sidowarno Klaten Raih Juara Empat Kategori Suvenir

Selasa, 29 Agustus 2023 | 11:42 WIB
header img
Selamat untuk Desa Wisata Sidowarno, Juara 4 Kategori Souvenir ADWI 2023. (Foto: saeful effendi/inewsTV)

KLATEN, iNewsJatenginfo.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI memberikan piala penghargaan kepada Desa Sidowarno, Wonosari, Kabupaten Klaten yang meraih juara empat kategori suvenir dalam penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kemenparekraf RI 2023.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenparekraf RI, Nur Asia Uno kepada Suraji, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sidowarno, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu Malam (28/08).

Adapun kategori penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 ada enam di antaranya, Kelembagaan Desa Wisata & CHSE, Digital dan Konten Kreatif, Homestay dan Toilet Umum, Daya Tarik Pengunjung dan Suvenir, Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang dan Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Terfavorit, serta Desa Wisata Terbaik.

Saat dihubungi Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar Klaten), Sri Nugroho memaparkan Desa Sidowarno terletak di Kecamatan Wonosari merupakan desa wisata dengan daya tarik yang memiliki ciri khas utama berupa tatah, sanggit wayang dari olahan bahan dasar kulit dengan proses dikerok, rendam dan jemur.

Ia juga menjelaskan sebagian besar sekitar 75% masyarakat Desa Sidowarno merupakan pengrajin tatah wayang dari kulit kerbau atau sapi dan sudah memiliki Surat Keputusan (SK) Bupati Klaten sejak tahun 2021.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut