get app
inews
Aa Read Next : Lucu! Kuli Bangunan di Karanganyar Saling Tunjuk Jadi Petugas Pengibar Bendera

Kisah Inspiratif: Meski Dalam Kondisi Perang dan Sakit Jenderal Soedirman Tetap Sholat Tepat Waktu

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:20 WIB
header img
HUT RI ke 78 diperingati pada hari ini 17 Agustus 2023. Nah, salah satu pahlwan yang namanya harum adalah Jenderal Soedirman. (Foto: Dok)

Selama Agresi Militer II oleh Belanda, Yogyakarta berhasil dikuasai oleh pasukan Belanda. Presiden Soekarno, Bung Hatta, dan beberapa anggota kabinet juga ditawan. Namun, meskipun demikian, Presiden Soekarno sebelumnya telah menyarankan agar tetap tinggal di kota tersebut untuk mendapatkan perawatan.

Namun, anjuran itu tidak dapat dipenuhinya. Ia tetap memimpin perang gerilya melawan Belanda, melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pemimpin tentara.

Oleh karena itu, dengan dibawa menggunakan tandu, ia berangkat memimpin pasukan dalam melaksanakan perang gerilya. Selama sekitar tujuh bulan, ia berpindah-pindah dari satu hutan ke hutan lain, dari gunung ke gunung, dalam keadaan yang sangat lemah dan sakit. Obat hampir tidak tersedia.

Sebagai seorang Panglima yang luar biasa, iman dan keislaman tertanam kuat di dalam hatinya. Ia sangat mencontohi kehidupan Rasulullah, yang mengajarkan kesederhanaan dan ketulusan. Karenanya, perlakuan istimewa yang diterimanya dari jamaah pengajian yang rutin diikutinya dianggap terlalu berlebihan dan ditolaknya dengan sopan.

Ia menanamkan pada bawahannya bahwa yang gugur dalam pertempuran ini tidak mati dengan sia-sia, melainkan sebagai syuhada. Untuk menyemai semangat perjuangan jihad ini di kalangan tentara maupun rakyat Indonesia, Jenderal besar ini menyebarkan pamflet atau selebaran yang mengajak semua rakyat dan tentara untuk terus berjuang melawan Belanda.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut