get app
inews
Aa Read Next : Lucu! Kuli Bangunan di Karanganyar Saling Tunjuk Jadi Petugas Pengibar Bendera

Kisah Inspiratif: Meski Dalam Kondisi Perang dan Sakit Jenderal Soedirman Tetap Sholat Tepat Waktu

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:20 WIB
header img
HUT RI ke 78 diperingati pada hari ini 17 Agustus 2023. Nah, salah satu pahlwan yang namanya harum adalah Jenderal Soedirman. (Foto: Dok)

PURWOKERTO, iNewsJatenginfo.id - Jenderal Soedirman adalah salah satu pahlawan yang namanya terkenang setiap memperingati hari kemerdekaan. Hari ini merupakan peringatan HUT RI ke - 78 tanggal 17 Agustus 2023.

Dalam buku berjudul "Guru Bangsa: Sebuah Biografi Jenderal Soedirman", terungkap bahwa Jenderal Soedirman dilahirkan dalam keluarga petani kecil di Desa Bodaskarangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada tanggal 24 Januari 1916.

Ayahnya bekerja sebagai mandor tebu di pabrik gula di Purwokerto. Sejak masih bayi, Soedirman diangkat anak oleh asisten wedana (camat) di Rembang, R. Tjokrosunaryo.

Beliau mendapatkan pendidikan formal di Sekolah Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang memiliki semangat nasional yang tinggi.

Kemudian, beliau melanjutkan ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah di Solo, namun tidak menyelesaikannya. Soedirman, yang dikenal sebagai individu disiplin dan aktif dalam organisasi Pramuka Hizbul Wathan, kemudian menjadi guru di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut