get app
inews
Aa Read Next : Panitia Nyepi Nasional Gelar Baksos Pengobatan Gratis serta Saka Yoga Festival di Candi Kedulan

18 Penyelam di Klaten Upacara Underwater Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke - 78

Kamis, 17 Agustus 2023 | 13:06 WIB
header img
Pengibaran bendera merah putih dalam upacara HUT Kemerdekaan dalam air di Umbul Ponggok, KLaten. (foto: iNews.id/Saeful Efendi)

KLATEN, iNewsjatenginfo.id - Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78 berlangsung dengan khidmat di dalam air. Upacara yang melibatkan 18 penyelam itu diwarnai dengan pengibaran bendera merah putih tepatnya di Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Kamis (17/8).  

Upacara underwater ini dilaksanakan petugas gabungan dari TNI Angkatan Laut, SAR, Mahasiswa dan warga sekitar. Mereka melaksanakan upacara di kedalaman tiga meter untuk memeringati HUT Kemerdekaan Indonesia.

Pengibaran bendera merah putih dilaksanakan petugas gabungan TNI Angkatan Laut. Sebagai inspektur upacara Letkol Laut P Widi Susanto dari Lanal Yogyakarta. Meski di dalam air, upacara berjalan dengan khidmat. Pengibaran bendera diiringi lagu Indonesia Raya dengan posisi hormat. Suasana upacara cukup meriah karena banyak diwarnai ikan-ikan yang berseliweran.

“Kami sengaja membuat upacara yang unik untuk menampilkan potensi sumber daya alam di Indonesia yang sangat melimpah,” kata Humas Umbul Ponggok, Agus Santoso.

Menurutnya,dalam upacara ini mereka senagja menggandeng berbagai komunitas, mulai dari Lanal Yogyakarta, UGM, SAR Klaten, SAR Sukoharjo, dan mahasiswa. Elemen-elemen ini sengaja diundang untuk memberi pesan Indonesia akan kuat meskipun dari berbagai komponen yang berbeda. Namun mereka bersinergi, bersau untuk kemerdekaan Indonesia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut