get app
inews
Aa Read Next : Lucu! Kuli Bangunan di Karanganyar Saling Tunjuk Jadi Petugas Pengibar Bendera

Kisah Inspiratif: Meski Dalam Kondisi Perang dan Sakit Jenderal Soedirman Tetap Sholat Tepat Waktu

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:20 WIB
header img
HUT RI ke 78 diperingati pada hari ini 17 Agustus 2023. Nah, salah satu pahlwan yang namanya harum adalah Jenderal Soedirman. (Foto: Dok)

 Beliau juga memiliki prinsip untuk tidak pernah meninggalkan sholat. Jika tidak mampu berdiri, beliau melaksanakan sholat dalam posisi duduk. Jika tidak bisa duduk, sholat tetap dilakukan dengan berbaring. Beliau juga rajin berpuasa.

Sikap empatinya terlihat saat menghadapi masalah. Pada masa pendudukan Jepang, beliau menjadi anggota Badan Pengurus Makanan Rakyat dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Keresidenan Banyumas. Beliau pernah mendirikan koperasi untuk membantu masyarakat menghadapi ancaman kelaparan.

Pendidikan militer dimulai dengan mengikuti pendidikan di tentara Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor. Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, beliau diangkat menjadi Komandan Batalyon di Kroya.

Saat itu, beliau sering kali memprotes tindakan sewenang-wenang dan kasar tentara Jepang terhadap anak buahnya. Karena sikap tegasnya, beliau bahkan hampir saja dibunuh oleh tentara Jepang.

Setelah terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Sudirman kemudian dipilih menjadi Panglima Divisi V/Banyumas dengan pangkat Kolonel. Melalui Konferensi TKR pada tanggal 2 November 1945, ia terpilih sebagai Panglima Besar TKR/Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut