get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

PAUD dalam Konsentrasi Merdeka Belajar

Jum'at, 30 Juni 2023 | 21:16 WIB
header img
Foto: Ilustrasi

Maka penyesuain kebutuhan yang berbeda-beda tentu perlu dilakukan agar tidak adanya kesejangan. Selain itu satuan pendidikan tidak perlu khawatir lagi dengan terlambatnya dana BOP, dengan dilakukannya penyaluran secara langsung. Tidak hanya itu dalam segi proses juga berkolaborasi dengan melibatkan tiga kementerian yaitu Kementerian Keuangan terkait dengan hal penyaluran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, dan juga Kementerian Dalam Negeri terkait dengan pengelolaan BOP PAUD di daerah.

Melalui berbagai kebijakan yang mendukung akan kemajuan pendidikan di tingkat anak usia dini, maka berdampak baik bagi proses pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran di tingkat anak usia dini. Kekhawatiran seorang guru terhadap kekurangan dan terlalu rumit dalam segi administrasi, kini telah dipermudah dengan pelaporan yang lebih mudah.

Dengan adanya ARKAS dan MARKAS, sekolah cukup memasukkan informasi rencana dan anggaran cukup ke satu aplikasi yang sudah satu dengan SIPD dan Dapodik,” ucap Mendikbudristek pada Peluncuran Merdeka Belajar Episode Keenam Belas: Akselerasi dan Peningkatan Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kesetaraan secara daring. 

Sekolah tidak perlu lagi melakukan pelaporan secara dua kali yaitu ke pemerintah daerah dan pusat, namun juga langsung menggunakan platfrom yang telah disediakan. Sistem BOP dengan cara sekat-sekat membuat kegunaan dana yang lebih dibebaskan otonom, dalam segi pelaporan pun dibuktikan dengan trasparan. Bagaimana cara markas dan arkas bisa di akses melalui satu portal.

Setelah terobosan baru melalui progam merdeka belajar, dapat menjadikan refleksi bagi kita begitu pentingnya pendidikan anak usia dini. Tidak hanya sektor pendidikan jenjang SD, SMP, SMA saja yang menjadi fokus perhatian namun anak usia dini pun perlu diperhatikan. Hal inilah dibuktikan dengan kemendikbudristek untuk melakukan usaha kemajuan pendidikan melalui merdeka belajar.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut